Thursday, October 25, 2012

Cara Sehat Konsumsi Daging Kurban


"Cara Sehat Konsumsi Daging Kurban"
Cara Sehat Konsumsi Daging Kurban - Setelah melewati bulan Ramadhan dan Idul Fitri, kini umat Islam siap menyambut hari raya Idul Adha atau sering dikenal dengan hari raya berkurban. Tak pelak lagi, hari raya ini ditandai dengan ritual berkurban yaitu menyembelih hewan kurban untuk dibagikan ke fakir miskin dan kaum dhuafa juga tetangga sekitar rumah. Hampir tiap keluarga akan menyajikan makanan yang berbahan dasar daging baik daging kambing ataupun sapi dengan aroma dan rasa yang menggiurkan. Tapi anda tetap harus berhati-hati terhadap dampak yang bisa ditimbulkan jika anda terlampau berlebihan menyantap jenis makanan tersebut. Jika anda kehilangan control maka beberapa jenis penyakit biasanya menyerang tubuh misalnya diare, sambelit atau tingginya kolesterol dalam tubuh, untuk menghindari hal tersebut anda bisa mencoba beberapa tips sederhana di bawah ini.

1. Menjaga higienitas daging
Perhatikanlah kebersihan berbagai peralatan yang digunakan untuk mengolah daging kurban seperti parang ataupun pisau, termasuk saat hewan kurban sedang dikuliti dan dipotong. Tak lupa juga jaga kebersihan wadah dan alat masak anda. Hindarilah kebiasaan memasukkan daging kurban ke dalam kantong plastic yang berwarna hitam karena plastik hitam tidak cocok untuk membungkus bahan makanan. Jangan mencampur daging kambing bersama denga isi jeroan dan pastikan semua bagian daging kurban tercuci bersih.


2. memasak daging sampai betul-betul matang
Lakukan hal ini untuk menjamin bahwa daging kurban yang akan anda konsumsi telah terbebas dari bakteri ataupun kuman yang tentunya tidak baik bagi kesehatan tubuh.

3. jangan sampai kekenyangan
Jangan makan berlebihan, berhentilah makan jika perut sudah terasa penuh. Makan berlebihan akan merusak sikslus pencernaan tubuh.

4. hindari kolestrol
Jangan makan daging berbarengan dengan makanan berkolesterol tinggi seperti gorengan juga makanan yang berasa sangat manis

5. Jangan makan daging di malam hari
Karena di malam hari kita tidak beraktivitas yang berat lagi, makanya jangan makan daging di waktu malam karena kalori yang tinggi dari daging dan nasi yang kita konsumsi tidak akan bisa dibakar oleh tubuh dan mengakibatkan penumpukan lemak. Cara Sehat Konsumsi Daging Kurban - Juga jangan langsung tidur sesudah makan malam, usahakan untuk tidur 1 jam setelah anda makan malam. 

6. Konsumsi air yang cukup
Pencernaan akan semakin lancar jika kita mendapatkan asupan air yang cukup. Air putih juga berperan dalam meluruhkan racun yang ada di dalam tubuh.

7. Makan Sayur dan buah 
Dengan besarnya jumlah kalori yang masuk dalam tubuh anda bisa mengimbanginya dengan mengkonsumsi sayur serta buah misalnya setelah makan sebagai pencuci mulut atau menjadi hidangan pelengkap dari daging kurban sebagai lalapan seperti buah timin dan tomat.

8. Olahraga
Pembakaran kalori dari makanan daging kurban berjalan sangat efektif dengan berolahraga dan menjadikan tubuh menjadi segar kembali setelah menjalani aktivitas yang berat selama hari raya idul adha atau idul kurban.

Itulah tips untuk menjaga kebugaran selama idul adha yang biasanya penuh dengan makanan berkolesterol tinggi.. semoga idul adha kali ini berjalan hikmat dan lancar beriringan dengan konsisi kesehatan yang fit - Cara Sehat Konsumsi Daging Kurban

0 comments:

Post a Comment

Twitter Delicious Facebook Digg Stumbleupon Favorites More

 
Design by Free WordPress Themes | Bloggerized by Lasantha - Premium Blogger Themes | Facebook Themes