Tuesday, October 9, 2012

Tips Simpel Mencegah Rambut Rontok dan Kebotakan


Rambut rontok akan menjadi sesuatu yang tidak bisa dihindari bagi banyak pria, namun begitu anda tidak usah khawatir karena pasti ada cara untuk mengatasi rambut rontok. Lakukan langkah-langkah yang tepat guna mengatasi rambut yang rontok dan yang terpenting anda jangan terlalu memikirkan kondisi rambut anda yang kian hari kian menipis. Itu akan menambah beban pikiran dan bisa menyebabkan stress.

Beberapa fakta Rambut Rontok
Perlu diketahui bahwa rambut manusia terbuat dari bahan protein yang lebih dikenal dengan nama keratin serta folikel rambut yang ada dalam kulit. Bagian dari rambut yang terus tumbuh adalah akar rambut dan bagian itulah yang satu-satunya terus tumbuh. Pertumbuhan tersebut mendorong batang rambut guna menuju ke permukaan kulit dan terlihatlah satu helai rambut di atas kulit kepala. Pada umunya laki-laki mengalami kerontokan atau lebih tepatnya pergantian rambut dari 30 sampai 100 helai pada kepala mereka dalam waktu satu hari.

Jumlah ini masih tergolong normal bagi pria yang kehilangan helaian rambut di kepalanya sebab pada umumnya kaum pria punya kurang lebih 100.000 helai rambut yang tumbuh di atas kepala. Biasanya tanda rambut rontok atau kebotakan terjadi bila kepala anda melepas 200 helai rambut dalam waktu satu hari dan berlangsung dalam jangka waktu yang lama.

Ada beberapa faktor penyebab rambut rontok di antaranya adalah infeksi atau penyakit kulit kepala, stress yang berlebihan. Tetapi pada faktanya penyebab rambut rontok pada umunya disebabkan karena faktor keturunan atau genetika. Apabila orang tua anda dalam hal ini ayah anda pernah mengalami kebotakan, maka anda punya peluang yang sangat besar untuk mengalami rambut rontok bahkan botak.

Faktor gen yang mempengaruhi rambut rontok disebabkan oleh hormon testosterone pada tubuh pria. Laki-laki yang mempunyai gen kebotakan tubuhnya cenderung akan mengubah hormon testosterone ke dalam bentuk  dihydrotestosteron dan hal ini dilakukan oleh reseptor chemical pada folikel rambut. Hormon baru tersebut mengakibatkan folikel rambut tadi memproduksi rambut yang kian hari kian tipis, dan tidak lagi menumbuhkan rambut yang tebal atau panjang guna mengelilingi kepala bagian atas.
Apa bila gejala rambut rontok secara gen tadi telah mulai tampak, biasanya para pasien melakukan transplantasi rambut, juga melakukan hair wave, hair lift serta sclup reduction dan bersedia merogoh kantong dalam-dalam demi mendapatkan pengobatan rambut rontok tersebut. Kadang kala jalan terakhir sering ditempuh dengan menggunakan rambut palsu, tapi cara ini tidak disukai oleh pada laki-laki yang tergolong masih muda usianya. Cara lain yang lebih murah adalah dengan melakukan perawatan menggunakan beberapa jenis obat yang banyak tersedia di pasaran.

Supaya rambut tidak mudah rontok
Bagi anda yang belum sampai mengalami kerontokan rambut atau kebotakan yang parah, berkut ini tips untuk perawatan rambut rontok dan mencegah rambut rontok lebih banyak. Pada kenyataannya ada sangat banyak perlakuan yang bisa diberikan pada rambut anda, dari pada hanya sekedar melakukan perawatan.

1.       Menjaga kebersihan kulit kepala
Pria pada umumnya memiliki kulit kepala yang lebih berminyak daripada wanita. Oleh sebab itu anda mesti rutin menggunakan shampo supaya kulit kepala anda tetap bersih serta bisa mencegah ketombe untuk muncul. Disarankan untuk menggunakan shampo dengan tingkat keasaman pH yang kecil serta lembut di kepala. Sebab shampo dengan kadar pH tinggi dan cenderung keras bisa menjadikan kulit kepala anda menjadi kering dan rambut anda akan rontok.
2.       Pakai kondisioner
Bukan Cuma wanita yang butuh kondisioner, pria juga. Aktivitas yang sering kali dilalui oleh para pria tidak jarang mengharuskan mereka untuk terpapar terik mentari. Oleh karenanya sangat disarankan untuk menggunakan kondisioner pada rambut anda untuk menghindari kulit kepala menjadi kering. Tapi jangan memakainya dengan berlebihan karena kulit kepala pria sudah sangat berminyak dan akan menyebabkan rambut anda terlalu silky. Pakai sedikit saja dan tidak setiap hari.
3.       Menyentuh rambut dengan lebih lembut
Jangan memegang rambut anda dengan kasar, misalnya memelintir bahkan menjambak sebab akan menjadikan rambut anda menjadi patah. Ketika harus melakukan pengeringan rambut, pakailah handuk dan usapkan dengan perlahan dan hindari menyentuh kulit kepala. Penggunaan hair dryer juga harus diperhatikan jangan terlalu dekat cukup 5 cm dari kepala dan arahkan ke bawah.
4.       Pakai penata rambut
Anda juga bisa melakukan hal ini untuk mendapatkan perawatan serta saran yang tepat bagi upaya anda mencegah rambut rontok. Dengan gaya rambut yang tepat, hal ini bisa membuat anda lebih mudah untuk melakukan  perawatan rambut. Tentukan salon atau penata rambut yang akan rutin anda kunjungi dan tentunya cocok bagi anda. Enam minggu sekali adalah waktu yang baik untuk mempertahankan potongan rambut terbaik anda serta mencegah kulit kepala kering.

0 comments:

Post a Comment

Twitter Delicious Facebook Digg Stumbleupon Favorites More

 
Design by Free WordPress Themes | Bloggerized by Lasantha - Premium Blogger Themes | Facebook Themes