Monday, October 22, 2012

Tips Sehat Bagi Pekerja Malam

Tips Sehat Bagi Pekerja Malam"
Tips Sehat Bagi Pekerja Malam - Para pekerja yang selalu melaksanakan aktivitas pekerjaannya di malam hari, biasanya menderita kesehatan yang kurang baik sebab mereka harus tetap melek dan tidak tidur di malam saat malam melaksanakan pekerjaannya. Namun begitu, ada beberapa langkah untuk tetap menjaga kebugaran para pekerja malam.

Biasanya para pekerja malam lebih besar beresiko menderita insomnia dan tubuh mereka akan mengalami stress. Hal ini dikarenakan tubuh manusia dirancang secara biologis hanya aktif di saat siang hari serta harus beristirahat pada malam hari.

Kondisi tubuh yang tidur atau tetap melek akan mempengaruhi cara tubuh mengatur diri juga variasi produksi jenis hormon. Apabila siklus tidur seseorang berubah, akan dipastikan hal tersebut akan mengganggu siklus tidur – bangun atau dikenal dengan istilah ritme sirkandian yang normal dan menyebabkan fungsi tubuh tidak berjalan dengan optimal dan bisa membuat seseorang mengalami insomnia atau beberapa jenis masalah kesehatan lain.

Berikut ini ada beberapa langkah untuk menurunkan akibat butuk pada kesehatan yang diebabkan oleh siklus tidur-bangun tadi yang terganggu:

1.    Pola makan
Jangan lewatkan mengkonsumsi makanan yang segar atau masih hangat saat makan malam sesaat sebelum berangkat ke tempat kerja. Langkah ini berguna untuk memperlancar proses pencernaan guna memastikan ada energy yang cukup ketika bekerja di sepanjang malam. Tips Sehat Bagi Pekerja Malam - Anda juga disarankan untuk mengurangi aktivitas meminum kopi atau jenis minuman yang mengandung kafein. Zat ini punya efek negatif terhadap tubuh, terutama ketika siklus tidur-bangun berjalan tidak normal.

2.    Minuman bagi pekerja malam
Sebagai ganti minuman berkafein anda dapat mengkonsumsi jus buah serta air putih. Dengan tubuh yang mengalami stress, ia membutuhkan tubuh cairan yang cenderung lebih banyak guna mengganti cairan yang hilang.

3.    Vitamin
Konsumsilah supelemen atau makanan yang mengandung kalsium, magnesium serta vitamin B guna mengurangi stress tubuh karena harus teraga pada malam hari. Jenis vitamin tersebut dapat menurunkan resiko penurunan kondisi kesehatan karena tubuh harus beraktivitas sampai tengah malam.

4.    Jangan merokok saat kerja malam
Hindari merokok jika anda bekerja hingga larut malam. Berefek buruf hamper sama denga kafein, kandungan nikotin di dalam rokok juga merusak tubuh dan makin merosotkan kondisi kesehatan seseorang.

5.    Gaya hidup sehat dan olahraga
Luangkanlah waktu untuk menikmati hidup serta menjalankan beberapa gaya hidup yang lebih baik. Seringlah berjalan kaki serta rutin melakukan olahraga paling sedikit 30 menit dalam sehari. Berenang, jogging serta fitness bisa menjadi pilihan untuk tetap menjaga kebugaran dan juga bisa mendukung tidur yang berkualitas dan sehat -Tips Sehat Bagi Pekerja Malam.

0 comments:

Post a Comment

Twitter Delicious Facebook Digg Stumbleupon Favorites More

 
Design by Free WordPress Themes | Bloggerized by Lasantha - Premium Blogger Themes | Facebook Themes