Saturday, October 13, 2012

Sakit Pinggang? Ini cara mengatasinya


"Sakit Pinggang? Ini cara mengatasinya"
Cedera punggung seringkali disebabkan oleh salah posisi ketika mengangkat beban yang berat. Hal tersebut diungkapkan oleh seorang doketer ahli Dr. Imran Nurali, SpKo di mana ia juga memaparkan bahwa para pekerja kantoran seringkali sakit pinggang karena salah ketika duduk di kursi kerja. Para pekerja kantoran bekerja hingga 8 jam dan selalu dalam posisi duduk yang tak sehat atau posisi yang ergonomis.

Memang akibat posisi duduk yang salah tersebut tidak langsung dirasakan. Namun ketika hal tersebut sudah terakumulasi maka akan bermuara pada rasa sakit pinggang yang tak tertahankan. Namun jangan kuatir doketer Imran akan membagikan beberapa panduan untuk mengatasi sakit pinggang.

1.       Melakukan senam bokong
Jika anda memutuskan untuk istirahat selama beberapa hari untuk meringankan sakit pinggang anda, mungkin secara instan akan menyembuhkan rasa sakit, namun akan membuat otot-otot yang ada di pinggang anda akan melemah bila tidak digunakan dalam waktu yang lama. Oleh karenanya anda patut mencoba senam bokong dengan panduan sebagai berikut. Pertama-tama ambil posisi tidur terlentang kemudian lutut anda diangkat dengan sudut 80 derajat. Langkah selanjutnya letakkan bantal di bawah lutut anda kemudian angkat bokong anda dan pertahankan posisi tersebut selama 30 detik. Kemudian kembali ke posisi awal dan rilekslah 30 detik selanjutnya. Ulangi gerakan tersebut selama 15 menit sebanyak 3 kali dalam 1 hari. Gerakan ini tidak hanya mengurangi sakit pinggang tapi juga berguna untuk melatih otot-otot pada perut.

2.       Memakai korset atau penyangga perut
Instrument tersebut dapat menjaga posisi punggung serta mencegah tubuh bergerak terlampau sering dan menjadikan posisi tubuh tetap dalam posisi tegak. Penyangga atau korset berperan layaknya otot kuat walaupun punya keterbatasan yang tidak bisa memperkuat otot punggung tubuh, namun bisa meredakan sakit pinggang.

3.       Menghangatkan punggung
Suhu yang panas akan memperlancar aliran darah dan membantu meringankan rasa sakit pada pinggang. Untuk menghadirkan suhu panas anda bisa memakai botol dengan air pasan di dalamnya atau juga bantal listrik panas. Anda juga bisa mencoba berendam dalam air panas atau shower juga memberi kompres air hangat. Anda mesti melakukannya selama 20 menit dan istirahatlah 20 menit selanjutnya. Jangan melakukannya lebih dari durasi 180 menit  dalam satu hari.

4.       Coba juga
  • -          Jika anda memutuskan untuk istirahat selama 3 hari maka anda mesti mencoba merenggangkan otot secara ringan pada sore dan pagi hari guna memperkuat otot punggung serta perut. Namun ada baiknya anda melakukan konsultasi dengan dokter untuk membuat program pelatihan guna meredakan sakit pinggang.
  • -          Usahakan untuk tidak berada dalam posisi duduk melebihi durasi setengah jam. Hal tersebut bisa mengakibatkan otot-otot anda menjadi sangat kaku.
  • -          Jangan tidur di kasur yang terlalu rata atau tidak empuk. Posisi punggung yang melengkung akan menghalangi proses penyembuhan sakit pinggang.
  • -          Apabila sakit yang ada di punggung anda tidak juga sembuh dalam jangka waktu lima hari sebaiknya anda segera konsultasi dengan para ahli. 

0 comments:

Post a Comment

Twitter Delicious Facebook Digg Stumbleupon Favorites More

 
Design by Free WordPress Themes | Bloggerized by Lasantha - Premium Blogger Themes | Facebook Themes