Tuesday, October 2, 2012

Sariawan Tidak Disebabkan Kurangnya Vitamin C

"Sariawan Tidak Disebabkan Kurangnya Vitamin C"

Sariawan tidak disebabkan karena kurang mendapat asupan vitamin C. Yang menjadi penyebab sebenarnya terdiri dari begitu banyak faktor.

Drg. Dyah Juniar Sp.PM  seorang dokter spesialis mulut dari kedokteran gigi Angkatan Laut menyanggah pendapat selama bahwa sariawan disebabkan semata oleh kurangnya asupan vitamin C. Dyah mengungkapkan bahwa kuranya asupan vitamin C hanya menyebabkan terjadinya gingivitis atau radang pada gusi dan tidak menyebabkan sariawan. Lantas apa sebenarnya yang jadi penyebab sariawan terjadi?

Ibu dokter memaparkan bahwa sebab dari terjadinya sariawan pada mulut sangatlah bermacam-macam. Bisa karena luka saat sikat gigi, bibir tergigit saat mengunyah, bisa juga karena alergi jenis makanan tertentu seperti cabe, nanas atau rujak dan bisa pula sariawan timbul karena infeksi dari bakteri.

Sariawan juga bisa terjadi karena adanya infeksi di saluran pencernaan. Walau gangguan terjadi hanya dalam sistem perkenaan, akibatnya bisa terbawa ke rongga mulut dan mengakibatkan sariawan. Sebab lainnya juga terjadi karena ketidakseimbangan hormon pada tubuh, contohnya seperti ketika perempuan tengah datang bulan. Ketika itu kondisi hormon tubuh wanita mengalami perubahan dan hal itu bisa menimbulkan sariawan.
Bahkan beberapa hasil penelitian mengungkapkan bahwa seorang yang sedang stress berat punya resiko lebih besar menderita sariawan. Hal ini dikarenakan kondisi psikologis seperti itu akan mengurangi daya imunitas tubuh dan hal itu mendukung sariawan mudah muncul.

Penyebab sariawan makin bertambah jika kita memasukkan daftar penyakit HIV/AIDS serta leukemia yang menyerang sistem daya tahan tubuh yang memudahkan terjadinya sariawan.

Walaupun sariawan timbul dalam rongga mulut namun penyebabnya tidak melulu terjadi dalam mulut saja. Dengan pemeriksaan yang dilakukan secara menyeluruh, dokter bisa menentukan penyebab pasti dari sariawan yang diderita oleh seorang pasien.

Dyah mengungkapkan bahwa jika sebab utama sudah didapatkan, maka pengobatan yang tepat bisa dilakukan sehingga sariawan tidak akan terjadi lagi. 

0 comments:

Post a Comment

Twitter Delicious Facebook Digg Stumbleupon Favorites More

 
Design by Free WordPress Themes | Bloggerized by Lasantha - Premium Blogger Themes | Facebook Themes