Sunday, October 14, 2012

Gizi Untuk Kesehatan Mata

"Gizi Untuk Kesehatan Mata"

Kesehatan mata seringkali diabaikan oleh banyak orang, mungkin masalah berat badan atau seputar hubungan intim menjadi topik pembahasan yang mendominasi problematika kesehatan seseorang. Padahal kesehatan mata juga mesti mendapatkan porsi yang cukup bagi kita untuk diberi perhatian. Kita bisa memulai mengkonsumsi berbagai macam sayur-sayuran bukan hanya wortel yang sudah sering kita dengar. Agar mata anda tetap tampak indah serta selalu bercahaya, selain itu guna mengurangi resiko terkena penyakit mata dan demi memperpanjang masa untuk tidak memakai kacamata, anda di sarankan untuk mengkonsumsi berbagai macam sayur serta buah yang sehat.

Selama ini kita hanya tahu buah dan sayur dengan warna jingga yang paling baik untuk mata, padahal buah dan sayur dengan warna lain juga punya khasiat yang tidak kalah pentingnya untuk kesehatan mata. Begitu pula vitamin, hanya vitamin A saja yang selama ini dianggap berhubungan dengan mata yang sehat, padahal tubuh kita membutuhkan banyak nutrisi lain untuk menjaga kesehatan mata.

1.       Vuitamin C
Jenis vitamin ini mempunyai kemampuan untuk mengurangi resiko terkena penyakit katarak serta menurunkan pertumbuhan penyakit AMD juga mencegah mata untuk kehilangan ketajaman secara visual. Vitamin c dapat anda peroleh pada jenis buah dan sayuran seperti jerunk, jambu biji, apel, pisang, bayam, pepaya, nenas, tomat, stroberi, brokoli, buah kiwi, pepaikan serta blewa.

2.       Zeaksantin dan Lutein
Beberapa hasil riset mengungkapkan bahwa Zeaksantin dan Lutein yang merupakan anti oksidan kelompok karotenoid memiliki kemampuan untuk menurunkan secara drastis resiko mata terkena penyakit yang kronis seperti penyakit AMD dan katarak. Oleh karenanya dua jenis anti oksidan ini pada waktu belakangan ini sering disebut-sebut dan diburu sebagai zat yang penting untuk kesehatan mata.

Anda dapat memperoleh Lutein dari buah dan sayuran seperti mangga, brokoli, paprika, bayam dan sayur sawi. Sedangkan Zeaksantin bisa anda dapatkan dari jagung, paprika, lettuce, brokolo, bayam, jeruk, asam (buah), serta telur ayam.

3.       Asam lemak essensial
Jenis asam ini mampu menolong proses pemeliharaan sistem saraf, juga menambahkan energi yang cukup untuk sel-sel tubuh guna memperbesar kekuatan sistem imun kita. Zat yang juga dikenal dengan istilah omega-3 ini juga sangat penting guna mengembangkan fungsi visual mata serta kinerja retina mata. Anda dapat memperoleh omega-3 dari beberapa jenis ikan seperti ikan kakap, sardine, tuna serta ikan salmon. Selain itu ada kedelai, tiram dan tahu yang juga kaya akan omega-3.

4.       Vitamin E
Vitamin E mampu mencegah kerusakan pada sel-sel yang ada di daerah mata karena terkena paparan radikal bebas. Hal ini sangat penting untuk menjaga kesehatan mata kita. Beberapa makanan yang kaya akan vitamin jenis ini adalah kacang tanah, bayam, ubi jalar, almon, asparagus, paprika, dan pepaya.

5.       Sulfur
Jenis senyawa ini mampu memperkuat jaringan lensa mata. Sumbernya antara lain: sayuran jenis kol dan garlic atau bawang putih

6.       Zinc
Jenis mineral ini punya fungsi penting dalam proses pengangkutan vitamin A menuju retina dari organ hati. Hal ini dilakukan untuk mendukung proses produksi pigmen dan melanin yang berfungsi melindungi mata. Mineral zinc banyak terdapat pada mata khususnya di bagian koroid serta retina. Beberapa sumber nutrisi Zinc antara lain, lobster, daging sapi, telur, udang, yoghurt, biji labu, susu, oat dan biji wijen

0 comments:

Post a Comment

Twitter Delicious Facebook Digg Stumbleupon Favorites More

 
Design by Free WordPress Themes | Bloggerized by Lasantha - Premium Blogger Themes | Facebook Themes