Thursday, July 12, 2012

Ayo Makan Buah dan Sayur

"Ayo Makan Buah dan Sayur"

Buah dan sayuran tentunya sudah tidak asing lagi dalam menu makan kita sehari-hari. Namun, yang meniadi pertanyaan adalah berapa banyak porsi yang sudah Anda makan setiap harinya? 

Buah dan sayuran mengandung vitamin dan mineral yang dibutuhkan tubuh agar dapat berfungsi normal. Beberapa manfaat dari buah dan sayuran di antaranya: menurunkan tekanan darah, mengurangi risiko penyakit jantung dan stroke, mengurangi risiko gangguan mate, dan pencernaan, dan dipercaya membantu mencegah kanker. Inilah beberapa zat berkhasiat di dalam buah dan sayur yang berguna untuk tubuh Anda: 

1. Kandungan fitokemikal dan likoper berfungsi sebagai antioksidan pelindung sel-sel tubuh. Antioksidan ini ada pada buah berwarna merah dan sayuran berdaun hijau. Contohnya semangka, tomat, paprika merah, anggur, selada, brokoti, dan bayam. 

2. Buah dan sayur juga mengandung serat. Mengonsumsi cukup serat dapat membantu pergerakan usus dan mencegah konstipasi. Serat juga memben rasa kenyang, sehingga cocok untuk mereka yang sedang diet. Caranya, isilah setengah dari piring Anda dengan sayuran dan gantilah keripik atau gorengan dengan buah-buahan segar sebagai camilan. 

3. Buah berwarna oranye mengandung karoten yang baik untuk mata dan sistem kekebalan tubuh. Dapatkan manfaat ini dari papaya, wortel, dan jeruk. 

4. Lutein dan zeaxantin yang terkandung dalam buah berwarna kuning dan sayuran berdaun hijau seperti bayam dan kubis, kiwi, serta anggur yang memiliki kemampuan untuk mencegah radikal bebas. Kedua zat ini juga merupakan komponen penting pada mata karena tidak dapat diproduksi sendiri oleh tubuh. Jangan lupakan juga manfaat vitamin C dari buah-buahan kuning untuk kecantikan kulit Anda. Konsumsilah buah dan sayur setiap hari. Ukuran yang dianjurkar adalah 5 porsi per hari, yakn 3 dorsi sayuran  dan 2 porsi buah. Ini adalah standar porsi yang berlaku di seluruh dunia. Namun, bagi wanita aktif dan remaja perempuan, ukurannya jadi 4 porsi sayuran dan 3 dorsi buah. Satu porsi yang dimaksud adalah setara dengan 1 gelas buah atau sayur segar. 

Buah dan sayur lebih banyak manfaatnya jika dikonsumsi dalam bentuk segar atau tidak mengalami banyak pemrosesan. Buah segar lebih baik daripada jus buah karena Anda masih mendapatkan seratnya dan beberapa vitamin dan mineral tidak hilang. Beberapa tip agar Anda terbiasa makan lebih banyak buah dan sayur, misalnya meletakkan di tempat yang mudah terlihat, mengganti camilan dengan buah, mengisi setengah piring dengan sayuran, serta variasikan konsumsi buah dan sayur dengan mencoba resep-resep baru. Buatlah hidup Anda semakin "berwarna" dengan beragam manfaat dari buah dan sayuran yang berwarna-warni. 

0 comments:

Post a Comment

Twitter Delicious Facebook Digg Stumbleupon Favorites More

 
Design by Free WordPress Themes | Bloggerized by Lasantha - Premium Blogger Themes | Facebook Themes