Friday, July 20, 2012

Memulai Kehidupan Dengan Merencanakan Keuangan

"Memulai Kehidupan Dengan Merencanakan Keuangan"

Memulai Kehidupan Dengan Merencanakan Keuangan - Jika Anda baru memulai “kehidupan”, seperti baru saja bekerja atau mungkin berkeluarga, maka inilah saat yang tepat untuk menyusun perencanaan keuangan jangka panjang. Anda bisa memulainya dengan langkah- langkah sederhana berikut ini.

KETAHUI KONDISI KEUANGAN SAAT INI

Hitunglah besarnya harta dan utang, kemudian lakukan analisis pengeluaran dan sumber pendapatan. Kalau di perusahaan, istilahnya laporan Neraca dan Rugi Laba.

Pikirkan baik-baik ketika Anda menentukan anggaran untuk setiap pos biaya. Jika ada sisa, itulah besar tabungan Anda setiap bulan. Perhatikan biaya- biaya mana yang sebenarnya bisa dikurangi. Pada praktiknya lebih baik Anda menyisihkan tabungan terlebih dahulu agar pengeluaran yang tidak penting dapat dihindari.

BEGIN WITH THE END IN MIND

Seperti dalam buku The 7 Habits for Highly Effective People oleh Steven J. Covey“, maka mulailah perencanaan Anda dengan menentukan apa yang ingin Anda capai. Bayangkan hidup pensiun Anda nanti, berapa pendapatan yang ingin diterima setiap bulan. 

Kapan Anda ingin memiliki kebun luas atau mobil favorit. Atau soal biaya untuk pendidikan anak hingga kuliah sekaligus biaya pernikahan dan lain sebagainya.

Perencanaan memerlukan visi jangka panjang, maka jadilah seorang pemimpi. Gambarkan masa depan Anda dalam suatu garis waktu. Misalnya tahun 2013 anak masuk SD, 2015 beli mobil, 2018 beli rumah, 2023 anak masuk kuliah, 2030 pensiun, dsb.

Tentu saja biaya yang ditulis hanya yang jumlahnya besa-besar saja. Sebab biaya yang relatif kecil cukup dicadangkan dari biaya bulanan. Jika Anda memiliki data, coba masukkan unsur inflasi setiap tahun agar angkanya realistis di masa depan. Informasi inflasi semacam ini dikeluarkan oleh Biro Pusat Statistik (wzvw.bps. go.id). Dengan menuliskan rencana pengeluaran besar ini saja anda sebenarnya sudah bisa menentukan prioritas pengeluaran lebih baik.

HITUNG NILAI TABUNGAN RUTIN ANDA DI MASA DEPAN

Dengan menggunakan program Excel, hitung nilai akumulasi tabungan rutin di masa depan. Anda juga dapat menggunakan tabel dari produk-produk bancassurance (keija sama produk bank dan asuransi) misalnya untuk pendidikan atau menggunakan kalkulator finansial untuk menghitung dana pensiun, dana pendidikan, dan lain-lain. Memulai Kehidupan Dengan Merencanakan Keuangan - Cukup mengetik kata kunci “kalkulator financial” di Google, maka Anda akan mendapat banyak situs dari lembaga keuangan dan asuransi yang bisa melakukan proyeksi ini.

Sebagai pilihan untuk penem¬patan dana, Anda bisa memilih membeli produk reksadana ber¬basis saham atau obligasi yang memberikan return, relatif lebih tinggi dari deposito. Para manajer investasi telah membuat beragam kombinasi komposisi yang dapat Anda pilih sesuai dengan tingkat penerimaan risiko dan kebutuhan Anda. Asai harus selalu diingat: jangan menaruh telur dalam satu keranjang!

Anda juga dapat menambahkan nilai tabungan rutin dari sumber lain seperti THR, bonus, atau pendapatan lain misalnya sewa rumah atau usaha sampingan. Perlunya untuk meningkatkan akselerasi jumlah tabungan masa depan. Buat rencana atas penerimaan THR, misalnya separuh untuk mudik, seperempat untuk tabungan, seperempat untuk melunasi utang. Perencanaan ini bisa juga pada bonus atau pendapatan lain.

Menggabungkan projyeksi pada langkah nomor 2 dan 3, akan menghasilkan gap (perbedaan). Anda bisa membuang pengeluaran yang tidak perlu agar menabung lebih besar atau ha] inilah yang akan dipenuhi dengan utang. Dengan melakukan ini, perencanaan utang yang akan diambil otomatis akan lebih trinci. Sehingga beban bunga Anda benar-benar sesuai manfaatnya.

Dengan adanya rencana ini, maka Anda bisa menilai apakah yang selama ini dilakukan sudah on the track atau belum. Juga bisa menilai apakah jumlah yang ditabung sudah mencukupi atau belum, sehingga Anda bisa melakukan penyesuaian sejak dini..

Contnhnya untuk memilih antara produk tabungan pendidikan sebesar Rp 500 nbu dengan Rp '300 ribu, Anda dapat melihat efektifitasnya dalam memenuhi kebutuhan di masa depan. Begitu pula dengan efektifitas antara menggunakan dana Kp 10 juta untuk membeli peralatan atau memasukkannya ke deposito,

JANGAN LUPA ASURANSI

Prinsipnya adalah jangan sampai apa yang sudah Anda tabung dengan susah payah habis sia-sia karena besarnya biaya kesehatan diri Anda sendiri, mobil yang sudah Anda beli dicuri Atau rumah terbakar, dll Ambillah jenis jenis asuransi yang diperlukan, termasuk di dalamnya asuransi kesehatan yang tidak di- cover oleh kantor.

Lindungi diri Anda dengan asuransi yang meng-cover risiko bawaan Anda. Misalnya terdapat keturunan diabetes Asuransi memiliki banyak tambahan fasilitas dengan konsekuensi tambahan biaya Konsultasikan kebutuhan kepada agen asuransi dan diskusikan mengenai asumsi penumbuhan dan manfaat yang didapat Jika dana Anda terbatas tentunya harus dipertimbangkan baik-baik mana fasilitas yang dibutuhkan dan hasil yar.g akan didapat.

Saat ini banyak produk-produk gabungan antara investasi, asuransi yang diiual lewat bank. Pelajarilah manfaat dan biaya yang terkandung di dalamnya, sebelum membeli produk ini. Sebab asuransi menipakan kontrak langka panjang dan Anda berkewajiban untuk memenuhi ketentuan selama periode yang tertera dalam polis. Semakin muda Anda memulai asuransi semakin murah biaya yang dikenakan.

Sumber Memulai Kehidupan Dengan Merencanakan Keuangan : Inti sari

0 comments:

Post a Comment

Twitter Delicious Facebook Digg Stumbleupon Favorites More

 
Design by Free WordPress Themes | Bloggerized by Lasantha - Premium Blogger Themes | Facebook Themes