Thursday, July 19, 2012

Panduan Praktis Untuk Hidup Lebih Teratur

"Panduan Praktis Untuk Hidup Lebih Teratur"

MENJAUH DARI PENAWARAN KHUSUS

Panduan Praktis Untuk Hidup Lebih Teratur - Pernahkah membeli sesuatu dalam jumlah banyak hanya karena ada diskon spesial? Hentikan kebiasaan membeli barang tanpa memikirkan kegunaannya. Saat akan memborong kecap manis yang punya program “Beli 4 Gratis 1”, tanyakan dulu pada diri sendiri apakah kita betul-betul membutuhkan 5 kecap manis tersebut? Jangan-jangan sebelum botol kedua habis, masa kedaluwarsanya malah sudah lewat.

BERDAMAILAH DENGAN KETIDAKSEMPURNAAN

Orang perfeksionis akan berusaha mati-matian menyelesaikan semua hal sesempurna mungkini. Jadi, kalau memang tidak sempat membuat sendiri, tidak ada salahnya kita memesan kue tar ke toko saat akan merayakan ulang tahun anak. Mencoba melakukan semua pekeijaan dengan sempuma hanya akan membuat kita stres.

BERI LABEL SECARA SPESIFIK

Biasakan memberi nama yang spesifik untuk folder di komputer, kardus di gudang, atau tempat-tempat penyimpanan lain. Menulis “Lain-lain” atau “Macam-macam” sama sekali tidak menolong. Saat ini mungkin kita masih ingat apa isi folder atau kardus tersebut, tapi beberapa bulan atau bahkan beberapa minggu kemudian kemungkinan besar kita sudah lupa. Akhimya, saat ingin mencari file atau barang yang dibutuhkan, kita akan mengalami kesulitan.

SIAPKAN WADAH

Mungkin tidak setiap saat kita punya waktu untuk mengatur barang-barang yang berceceran di rumah. Tidak apa- apa. Siapkan saja kotak atau wadah khusus untuk menampung. Nanti, begitu sudah ada waktu, bani atur kembali dengan rapi. Selain itu, sediakan juga tempat untuk menyimpan barang-barang yang perlu diperbaiki. Misalnya ada sepatu yang harus dijahit di tukang sol, tapi tidak sempat diantar ke toko khusus atau tukangnya belum lewat depan rumah. Taruhlah di tempat itu. Jadi, setiap kali kita melihat tempat itu kita tahu dan ingat ada barangyang harus diperbaiki.

KURANGILAH SIKAP DRAMATIS

Bisa dimengerti kalau Anda enggan membuang kalung permata peninggalan nenek Anda atau vas unik yang dibeli di luar kota. Tapi, menyimpan kaus robek atau gelang kusam yang sudah berusia tahunan, rasanya tidak perlu. Stoplah bersikap dramatis.


BERDERMALAH

Sayang membuang barang favorit yang sebenarnya sudah tidak diperlukan? Saatnya untuk berderma. Biasanya lebih mudah bagi kita untuk “berpisah” dengan benda-benda kesayangan kalau benda-benda itu mendapat “rumah” baru. Selain rumah atau meja keija jadi
lebih teratur, kita juga akan merasa bahagia karena sudah melakukan hal yang positif.

BUAT CATATAN

Panduan Praktis Untuk Hidup Lebih Teratur - Kalau ada sesuatu yang harus diingat, catatlah. Misalnya: hari ulang tahun pasangan,jadwal imunisasijanji dengan orang lain, daftar obat yang harus dibeli, dan lain sebagainya. Jangan andaikan ingatan semata, sekali pun kita termasuk orang yang punya memori kuat. Jangan lupa untuk memberikan tanda jika ada tugas yang sudah selesai. Untuk mencatat, gunakan saja buku kecil atau telepon seluler. Pastikan catatan itu dibawa ke mana-mana.

DELEGASIKAN PEKERJAAN

Sulit menjadi orang yang terorganisasi dengan baik jika kita memaksakan diri melakukan semuanya sendiri. Tidak ada salahnya, lho, untuk meminta tolong. Delegasikan tugas-tugas tertentu pada orang yang memang punya kemampuan dan bisa dipercaya.


DISPLIN

Sudah mencatat kegiatan atau tugas-tugas yang harus dilakukan tapi tidak menepati atau menaati jadwal tersebut? Hentikan kebiasaan itu. Disiplinlah mengikuti jadwal yang sudah kita buat sendiri. Selain itu, masih banyak lagi bentuk kedisiplinan yang harus dipatuhi. Misalnya kita sudah membuat sistem kapan mencuci baju, siapa yang bertugas menyiram bunga, atau kapan membayar tagihan kartu kredit. Tepati jadwal itu dengan disiplin. Agar waktu bisa diatur dengan baik, buat to do lists (daftar tugas) di kalender atau ponsel.

TENTUKAN BATAS WAKTU

Membelikan batas waktu untuk sebuah tugas merupakan cara efektif untuk menghindari kebiasaan menunda-nunda. I^ebih baik lagi jika tugas-tugas itu dipecah menjadi beberapa tugas kecil agar lebih mudah dikontrol. Dengan adanya batas waktu, semua jadi lebih terorganisasi.

MAMPU MENGAMBIL KEPUTUSAN

Kekacauan atau ketidakteraturan seringkali merupakan hasil dari ketidak-mampuan kita menentukan apa yang harus dilakukan terhadap atau dengan sesuatu. Ayo, latih kemampuan (dan keberanian) untuk mengambil keputusan. Mulailah dengan hal-hal kecil di sekitar rumah atau kantor. Lama-lama kepercayaan diri akan semakin meningkat dan tahu-tahu kita bisa membuat keputusan dengan lebih cepat dan akurat. Dengan begitu, hidup pasti jadi jauh lebili teratur.

GABUNGKAN BEBERAPA KEGIATAN

Agar lebih teratur sekaligus menghemat waktu, lakukan beberapa kegiatan yang sama atau mirip secara bersamaan. Misalnya, buat daftar siapa yang harus ditelepon hari ini. Lalu, luangkan waktu khusus untuk melakukan telepon-telepon itu secara berurutan.

Contoh lain, catat barang-barang apa yang harus dibeli di supermarket. Berbelanjalah sekaligus dalam satu waktu.Jika sebentar-sebentar kita pergi ke toko atau supermarket untuk membeli ini itu, sangat tidak efektif. Tidak hanya waktu dan tenaga yang banyak terbuang percuma, tapi juga biaya. Coba hitung uang bensin dan uang parkir yang harus keluar. Belum lagi kalau kita jadi tergoda untuk membeli barang- barang yang tidak dibutuhkan. 

Sumber Panduan Praktis Untuk Hidup Lebih Teratur : Sekar

0 comments:

Post a Comment

Twitter Delicious Facebook Digg Stumbleupon Favorites More

 
Design by Free WordPress Themes | Bloggerized by Lasantha - Premium Blogger Themes | Facebook Themes