Friday, July 27, 2012

Berbuka Lebih Sehat dengan Cincau

"Berbuka Lebih Sehat dengan Cincau "

Berbuka Lebih Sehat dengan Cincau - Saat berbuka puasa hidangan minuman dingin dam manis sangat cocok untuk melepas haus. Sirup, jus buah, es kelapa dan teh manis adalah contoh beberapa hidangan berbuka. Ada satu bahan yang cocok untuk dikonsumsi saat berbuka. Tak hanya menyegarkan, namun juga sehat, itulah dia cincau.

Bahan ini pada umumnya ditambahkan pada es campur atau es buah. Bentuknya hampir mirip dengan agar-agar dan diolah dengan merendam daun cincau ke dalam air. Sebelum itu, daun tersebut diremas dan dihancurkan. Namun, ada juga yang merebusnya terlebih dahulu.

Pada proses perendaman, air rendaman diberikan soda kue untuk mengawetkan. Setelah itu, ia dibiarkan beberapa jam, kemudian akhirnya membentuk gel. Hal ini terjadi karena daun cincau di dalamnya terkandung karbohidrat yang bisa mengikat molekul air ke dalamnya.

Berbuka Lebih Sehat dengan Cincau - Sebenarnya cincau punya beberapa jenis warna seperti hijau, hijau pekat hingga hitam. Cincau juga punya beberapa jenis yang berbeda sesuai dengan jenis daun yang digunakan. 

Istilah "cincau" ini bermula dari dialek bahasa Hokkian Sienchu yang seringkali digunakan oleh orang-orang Tionghoa Asia Tenggara. Sebenarnya arti kata cincau adalah nama satu tumbuhan dengan bahasa latin Mesona spp yang merupakan bahan utama pembuatan gel tersebut.

Banyak orang menyukai cincau karena teksturnya yang kenyal serta lembut. Bukan cuma itu, cincau punya fungsi sebagai penyejuk dan peluruh. Secara tradisional bahan makanan yang satu ini secara tradisional juga dapat menurunkan panas badan, mengatasi diare, mual, menurunkan tekanan darah serta mengatasi ganguan pencernaan.

Cincau hitam juga ternyata punya kandungan antioksidan, bahkan lebih banyak dibandingkan dengan antioksidan di dalam vitamin E. Antioksidan sangat baik bagi kesehatan kulit, kecantikan serta kesehatan kuku. Di samping itu, cincau memiliki serat yang larut air, yang jika berada di dalam tubuh bisa menurunkan kadar gula darah serta lemak kolesterol. Jadi tidak salah bukan, jika cincau merupakan hidangan berbuka yang sehat

0 comments:

Post a Comment

Twitter Delicious Facebook Digg Stumbleupon Favorites More

 
Design by Free WordPress Themes | Bloggerized by Lasantha - Premium Blogger Themes | Facebook Themes