Wednesday, July 25, 2012

Penyebab dan Solusi Bau Mulut Saat Puasa


"Penyebab dan Solusi Bau Mulut Saat Puasa"
Penyebab dan Solusi Bau Mulut Saat Puasa - Bau mulut merupakan masalah yang sering muncul ketika kita menjalankan ibadah puasa. Hal ini tentunya membuat kita tidak nyaman untuk bersosialisasi di tengah-tengah lingkungan kita. Jika kita membiarkannya, masalah tersebut dapat menjadi penghambat dalam pergaulan dan menjadikan kita minder.

Apa yang menyebabkan mulut menjadi bau? Aktivitas mulut menurun saay kita sedang puasa, sehingga membuat produksi air liur menjadi berkurang. Dalam situasi seperti ini, bakteri lebih cepat membiakkan diri dan kemudian mengubah sisa makanan di dalam mulut menjadi gas sulfur yang memicu bau mulut atau halitosis.

Bagi mereka yang memiliki masalah pada gigi dan mulut misalnya gigi yang berlubang, aroma napas yang tidak sedap yang mucul akan makin menyengat. Selain lubang pada gigi, masalah lain juga ikut memperparah bau mulut seperti plak gigi, radang gusi, gingivitis karena karang gigi dan periodontitis. 

Jika anda tak memiliki gangguan pada kesehatan gigi serta mulut, kita bisa mengusir bau napas yang tidak sedap saat kita berpuasa dengan beberapa tips berikut:

1. Jangan mengkonsumsi makanan yang punya potensi meninggalkan bau menyengat misalnya petai, bawang dan durian. Merokok dan alkohol juga ternyata membuat mulut kesulitan memproduksi air liur .

2. Pastikan bahwa tidak ada sisa makanan yang tertinggal setelah anda menyantap hidangan sahur. Oleh karenanya sangat dianjurkan untuk menggosok gigi selama 20 menit setelah sahur untuk mengurangi resiko halitosis Penyebab dan Solusi Bau Mulut Saat Puasa.

3. Untuk menjaga keseimbangan cairan tubuh, perbanyaklah minum air putih saat berbuaka puasa dan sahur.

4. Makanlah keju yang kaya akan kalsium dan rendah karbohidrat. Selain itu keju mengandung fosfat yang berfungsi meningkatkan produksi air liur serta menurunkan pertumbuhan karang gigi.

5. Rempah-rempah misalnya mint, kayu putihm kapulaga, rosemary dan ketumbar sangat efektif untuk mengatasi bau mulut.

6. Makanlah buah dan makanan alami yang mengandung banyak vitamin C. Buah berry, melon dan jeruk mengandung vitamin c yang dapat mengurangi pertumbuhan bakteri di dalam mulut Penyebab dan Solusi Bau Mulut Saat Puasa

0 comments:

Post a Comment

Twitter Delicious Facebook Digg Stumbleupon Favorites More

 
Design by Free WordPress Themes | Bloggerized by Lasantha - Premium Blogger Themes | Facebook Themes