Saturday, September 8, 2012

Makanan Nutrisi Sehat Bagi Ibu Hamil


"Makanan Nutrisi Sehat Bagi Ibu Hamil"
Makanan Nutrisi Sehat Bagi Ibu Hamil - Makanan sehat bagi ibu hamil sangat diperlukan seiring dengan pertambahan usia dari janin. Gizi ibu hamil selain dari jenis susu yang khusus juga sangat diperlukan yaitu berupa berbagai macam makanan dengan kandungan vitamin alami misalnya sayuran, daging serta buah-buahan. Kebutuhan makanan sehat bagi ibu hamil akan terus meningkat saat kehamilan telah memasuki trimester kedua.

Pada trimester kedua tersebut, janin berkembang dengan sangat pesat, terutama perkembangan otak serta susunan syarafnya. Oleh karenanya makanan bagi ibu hamil dengan gizi yang optimal sangat dibutuhkan, berikut ini uraiannya.

Karbohidrat serta lemak memiliki fungsi sebagai sumber tenaga bagi ibu hamil dan menghasilkan kalori. Makanan ibu hamil kaya karbohidrat serta lemak dapat diperoleh dari umbi-umbian dan tanaman serealia.
Vitamin B Kompleks yang memiliki fungsi untuk menjaga sistem syaraf, jantung serta otot supaya bisa bekerja dengan normal. Makanan Nutrisi Sehat Bagi Ibu Hamil - Makanan ibu hamil yang mengandung vitamin B kompleks adalah kacang-kacangan, sayuran hijau, telur, biji-bijian, serealia dan susu.

Protein yang merupakan zat pembangun yang sangat diperlukan dalam masa pertumbuhan janin dapat diperoleh dari makanan ibu hamil seperti telur, ikan dan kacang-kacangan.

Kalsium sangat diperlukan dalam proses pertumbuhan tulang serta gigi janin yang ada dalam kandungan. Selain itu makanan ibu hamil yang mengandung kalsium dapat melindungi ibu hamil dari serangan osteoporosis. Hal ini terjadi jika kebutuhan akan kalsium yang diperoleh janin tidak mencukupi, maka ia akan mengambil kekurangan kalsium dari tulang ibu. Kalsium paling baik didapatkan dari susu serta berbagai jenis produk olahan susu. Selain itu kalsium juga dapat diperoleh dari sayuran hijau serta kacang-kacangan.

Asam folat memiliki kegunaan bagi perkembangan sel darah dan sistem syaraf. Makanan ibu hamil yang mengandung nutrisi ini dapat dijumpai pada sayuran dengan warna hijau gelap seperti bayam, brokoli dan kembang kol. Pada buah-buahan asam folat banyak terkandung di dalam pisang, jeruk, tomat dan wortel. Ibu yang sedang mengandung membutuhkan minimal asam folat 800 mcg tiap harinya, khususnya pada masa kehamilan 12 hari pertama. Jika ibu hamil kekurangan zat ini, dapat mengakibatkan pembentukan otak pada janin akan terganggu, sehingga menimbulkan cacat bawaan pada susunan syaraf pusat dan juga otak janin - Makanan Nutrisi Sehat Bagi Ibu Hamil.




0 comments:

Post a Comment

Twitter Delicious Facebook Digg Stumbleupon Favorites More

 
Design by Free WordPress Themes | Bloggerized by Lasantha - Premium Blogger Themes | Facebook Themes