Friday, September 7, 2012

Posisi Tidur yang Paling Sehat


Posisi Tidur yang Paling Sehat - Bukan hanya manusia, semua makhluk hidup butuh aktivitas yang satu ini, yaitu tidur. Dengan tidur tubuh dan pikiran kita dapat beristirahat dari kelelahan akibat aktivitas sehari-hari dan berfungsi untuk mengembalikan stamina kita. Tiap-tiap orang mempunyai kebiasaan atau posisi tidur yang berbeda-beda satu sama lain.

Tetapi anda tahu tidak, jika posisi tidur seseorang dapat mempengaruhi kesehatan dan bahkan kecantikan wanita. Posisi tidur yang kurang tepat dan tidak nyaman akan mengurangi kualitas tidur seseorang. Jika tidur kita terganggu seringkali hal ini berdampak buruk pada aktivitas yang kita jalani di keesokan harinya. Oleh karenanya anda perlu mengetahui posisi tidur yang buruk dan yang baik bagi kesehatan seperti di bawah ini.

1.       Posisi Tidur Terlentang (Posisi Tidur Paling Ideal)
"Posisi Tidur yang Paling Sehat"
Deskripsi: Tidur dalam keadaan terlentang dapat memudahkan kepala, tulang belakang serta leher mempertahankan posisi netralnya, sehingga mengurangi lekukan di punggung seseorang. Posisi ini juga baik untuk mencegah kenaikan asam lambung, hal ini disebabkan bila kepala diangkat, perut akan ada di bawah kerongkongan sehingga makanan atau asam lambung tidak dapat kembali.
Kelebihan:  anda dapat terhindar dari sakit pada leher dan punggung, mengurangi munculnya keriput pada kulit, menurunkan asam lambung serta menjaga bentuk payudara.
Kekurangan: bagi yang punya penyakit mendengkur, posisi  tidur ini membuat anda lebih sering mendengkur.
Bantal yang cocok: Bantal empuk yang dapat menopang leher serta kepala namun tidak menopang kepala terlalu tinggi.

2.       Posisi Tidur Miring (Posisi Tidur yang cukup baik)
"Posisi Tidur yang Paling Sehat"
Deskripsi: Posisi tidur yang miring atau menyamping sangat baik bagi kesehatan secara keseluruhan, menurunkan kesempatan untuk mendengkur serta menjaga posisi tulang punggung memanjang. Tidak hanya posisi terlentang, posisi tidur ini juga bagus bagi penderita asam lambung.
Kelebihan: Dapat mencegah timbulnya sakit punggung dan leher, mengurangi dengkurang, menurunkan asam lambung serta merupakan posisi yang baik ketika sedang hamil (posisi miring ke kiri) karena mampu memperlancar proses peredaran darah ke janin yang dikandung - Posisi Tidur yang Paling Sehat.
Kekurangan: Tidak terlalu baik untuk payudara dan kulit. Posisi tidur miring menjadikan wajah tertekan pada satu sisi yang mengakibatkan timbulnya keriput. Selain itu payudara juga menjadi tidak kencang karena ada peregangan ligamen.
Bantal yang cocok: Bantal yang tebal untuk menopang area antara kepala dan pundak yang membuat posisi kepala dan leher  menjadi netral

3.       Posisi Tidur Meringkuk (Posisi Tidur yang kurang ideal)
"Posisi Tidur yang Paling Sehat"
Deskripsi: Bila tidur dengan lutut ditarik tinggi ke atas sementara dagu terselip di dada, maka pada keesokan paginya punggung serta leher akan terasa sakit, utamanya bagi yang punya penyakit rematik dan nyeri sendi.
Kelebihan: dapat mengurangi dengkuran, juga termasuk posisi tidur yang baik saat mengandung atau hamil.
Kekurangan: membuat leher dan punggung menjadi sakit, juga tidak bagus untuk kulit serta payudara dan membatasi jalur pernapasan menuju diagfragma.

Bantal yang cocok: Bantal tebal dan empuk untuk menyangga kepala serta leher

4.       Posisi Tidur Tengkurap (Posisi Tidur paling buruk)
"Posisi Tidur yang Paling Sehat"
Deskripsi: dengan posisi tidur seperti ini tubuh sulit untuk mempertahankan posisi netral, juga memberikan tekanan lebih pada sendi dan otot yang menyebabkan gangguan pada saraf dan juga menyebabkan rasa sakit, kesemutan serta mati rasa.
Kelebihan: dapat mengurangi dengkuran
Kekurangan: Membuat leher dan punggung sakit, menimbulkan keriput dan mengendurkan payudara wanita.
Bantal yang cocok: bantal yang tipis atau bisa juga tidur dengan tidak menggunakan bantal - Posisi Tidur yang Paling Sehat. 

0 comments:

Post a Comment

Twitter Delicious Facebook Digg Stumbleupon Favorites More

 
Design by Free WordPress Themes | Bloggerized by Lasantha - Premium Blogger Themes | Facebook Themes