Saturday, September 1, 2012

Seks Anal Menyebabkan Kanker Dubur

"Seks Anal Menyebabkan Kanker Dubur"

Seks Anal Menyebabkan Kanker Dubur - Farah Fawcett seorang artis terkenal melalui perannya yang sangat memukau dalam serial Charlie’s Angels, meninggal dunia di usia 62 tahun. Berita kematiannya tidak terlalu gaung terdengar karena kalah booming dengan berita kematian Michael Jackson yang juga terjadi pada hari yang sama. Fawcett meninggal dunia karena penyakit kanker dubur yang telah ia idap selama tiga tahun terakhir.

Berdasarkan data American Cancer Society, di tahun 2009 kasus kanker dubur mengalami peningkatan hingga mencapai 5.290 kasus dan diperkirakan 700 orang pengidapnya meninggal dunia. Walaupun penyakit ini lebih banyak diderita oleh pria yang kebanyakan melakukan hubungan seks anal, wanita juga punya resiko menderita penyakit kanker dubur.

Kanker dubur berkaitan erat dengan virus yang sama yang juga menjadi penyebab kanker serviks. Virus tersebut adalah human papillomavirus, HPV-16. Tetapi, juga ada faktor lain yang juga menyebabkan kanker dubur antara lain merokok, seks anal atau hubungan seks lewat dubur, pembukaan tak normal di dubur serta memiliki pasangan lebih dari satu dan sering mengalami pembengkakan atau radang dan iritasi.

Gejala yang timbul ketika kanker anal mendera antara lain pengeluaran tinja dari dubur berjalan tidak normal, dengan rasa sakit, gatal, serta terjadi pendarahan di sekitar area dubur. Seks Anal Menyebabkan Kanker Dubur - Tetapi sayangnya gejala tersebut masih tergolong sangat umum sehingga menyebabkan si  penderita seringkali tidak menyadarinya.

Pencegahannya tentu saja dapat dilakukan dengan menghindari berhubungan seksual terutama seks anal dengan orang yang sudah terjangkiti virus HPV. Dengan melakukan deteksi dini dapat membantu melakukan pencegahan penybaran penyakit tersebut. Bila anda sangat aktif melakukan hubungan seksual dengan dubur atau seks anal, sangat dianjurkan untuk secara rutin melakukan pemeriksaan pada dokter.  Pemeriksaan akan dilakukan  dengan tes pap anal, namun tidak semua orang dianjurkan untuk melewati proses tes ini. Anda sebaiknya melakukan konsultasi dengan dokter untuk informasi yang lebih detail dan sesuai.

Dalam hal perawatan, kanker anal relatif sama perawatannya dengan jenis kanker lainnya,  di antaranya adalah dengan melakukan operasi pembedahan, radiasi serta kemoterapi. Tapi ada juga beberapa jenis perawatan alternatif yang bisa dilakukan. Jenis penyakit ini jarang sekali terekspos terutama yang berkaitan dengan seks anal sebagai penyebabnya, namun dengan kejadian yang dialami oleh Farah Fewcett tadi membuat pemberitaan tentang penyakit ini menjadi lebih luas dan berkembang. Sebelum menemui ajalnya, Farah sempat merekam dalam bentuk video dokumentasi tentang perjalanannya melawan penyakit kanker anal ini, juga termasuk ketika menjalani pengobatan alternatif. Berdasarkan video ini, para penggemar Farah dari seluruh dunia dapat menangkap rasa takut, penderitaan dan harapannya agar dapat sembuh - Seks Anal Menyebabkan Kanker Dubur

0 comments:

Post a Comment

Twitter Delicious Facebook Digg Stumbleupon Favorites More

 
Design by Free WordPress Themes | Bloggerized by Lasantha - Premium Blogger Themes | Facebook Themes