Monday, September 10, 2012

Tips Diet bagi Penderita Sakit Maag

"Tips Diet bagi Penderita Sakit Maag"

Tips Diet bagi Penderita Sakit Maag - Orang yang menderita sakit maag terkadang juga memiliki masalah dengan kelebihan berat badan. Tetapi dalam melalui program diet bagi orang yang mengidap sakit maag bukanlah hal yang mudah. Gangguan saluran pencernaan dapat mengakibatkan perut kembung, sakit pada ulu hati serta beberapa rasa sakit lain yang disebabkan oleh kandungan asam lambung yang berleb ih.

Dalam kondisi normal, lambung menghasilkan asam lambung dengan teratur guna menolong proses pencernaan makanan. Tetapi jika asam lambung dihasilkan secara berlebihan, hal itulah yang akan menimbulkan masalah. Asam lambung akan meningkat produksinya bila tubuh membutuhkan, contohnya saat tubuh memerlukan asupan makanan.

Oleh karenanya, sakit maag akan terjadi bila pola makan kita berubah-ubah. Dengan jadwal makanan yang tidak beraturan dapat mengakibatkan lambung susah untuk melakukan   adaptasi. Bila produksi berlebihan asam lambung berlangsung terus, makan akan menyebabkan iritasi pada dinding mukosa di lambung. Hal inilah yang mengakibatkan rasa peruh serta mual yang menjadikan anda urung untuk melakukan program diet.

Kurangi Pemicunya
Walaupun sedang menderita sakit maag, pada dasarnya prinsip-prinsip menurunkan berat badan tetaplah sama yaitu mengurangi asupan lemak, makan dengan teratur, serta berolahraga secara rutin. Tips Diet bagi Penderita Sakit Maag - Namun juga ada beberapa perbedaan bagi para penderita sakit maag, yaitu mengurangi makanan yang akan merangsang produksi asam lambung, misalnya, keju, kopi, durian, serta makanan pedas dan mengandung banyak gas.

Di bawah ini ada tiga tips diet sehat untuk penderita sakit maag
Makanlah dengan teratur. Makan dengan jarak atau jangka waktu yang teratur merupakan prinsip utama untuk penderita sakit maag yang ingin diet. Makanlah dengan porsi kecil setiap 3 jam sekali. Jangan biarkan perut kosong terlalu lama. Selain mengurangi jumlah makanan, cobalah pula untuk berolahraga secara teratur, contohnya dengan jogging atau jalan kaki selama 30 menit tiap hari.

Selangkah demi selangkah. Jangan berusaha menurunkan berat badan dengan secara drastis terutama bagi anda yang menderita sakit maag. Untuk mencapai berat badan ideal baiknya dilakukan secara bertahap. Contohnya, tahap yang pertama dengan menentukan target berat badan turun sekitar 5 hingga 10 persen atau 4 sampai 9 kg dari berat badan sebelumnya. Sesudah target pertama tercapai, kemudian baru tentukan target yang kedua dan selanjutnya lagi.

Kecilkan porsi makanan. Kurangilah jumlah makanan yang anda biasa konsumsi menjadi ½ atau 1/3 saja. Subtitusi camilan yang biasa anda konsumsi dengan buah segar yang tidak asam. Minumlah susu tanpa gula nonfat atau the hangat juga tanpa gulu. Untuk menemani anda minum teh anda bisa memakan cracker sehat. Hindari pula mengolah makanan dengan santan kental dan minyak. Ketika menjalani program diet ini, cobalah untuk berkonsultasi ke dokter untuk menemukan obat sakit maag yang tepat - Tips Diet bagi Penderita Sakit Maag.



0 comments:

Post a Comment

Twitter Delicious Facebook Digg Stumbleupon Favorites More

 
Design by Free WordPress Themes | Bloggerized by Lasantha - Premium Blogger Themes | Facebook Themes