Monday, September 3, 2012

Empat Posisi Persalinan Normal

"Empat Posisi Persalinan Normal"

Empat Posisi Persalinan Normal - Ibu yang ingin melahirkan dengan proses persalinan normal, baiknya mempersiapkan diri dengan posisi yang diinginkan. Posisi persalinan normal yang baik adalah posisi yang dianggap paling nyaman oleh ibu yang akan melahirkan, so tiap ibu hamil bisa saja berbeda pilihan posisi persalinannya.

Secara umum ada empat jenis posisi persalinan normal, tiap-tiap posisi punya kelebihan dan kekurangannya masing-masing:

1. Posisi miring atau lateral
Ibu hamil berbaring miring ke arah kiri atau kakanan dengan satu kaki diangkat, sementara kaki lainnya dibiarkan lurus. Posisi persalinan normal ini memiliki kelebihan seperti peredarah darah balik menjadi lancar serta aliran oksigen dalam darah dari ibu hamil ke janinnya lewat plasenta tidak terganggu. Namun kelemahannya adalah posisi persalinan normal miring akan menyulitkan bidan atau dokter dalam membantu proses persalinan normal karena posisi kepala bayi yang sulit untuk dimonitor dan dipegang ataupun diarahkan.

2. Posisi berbaring atau litotomi
Ibu hamil berbaring terlentang pada tempat persalinan normal dengan menempatkan kedua paha pada penopang kursi khusus untuk persalinan. Empat Posisi Persalinan Normal - Posisi ini memiliki kelebihan di mana bidan atau dokter dapat dengan leluasa membantu proses persalinan disebabkan jalan lahir menghadap ke depan, sehingga dokter bisa mudah mengukur perkembangan pembukaan serta waktu persalinan normal dapat diprediksi dengan akurat. Namun kelemahannya, posisi persalinan dengan berbaring menjadikan ibu hamil sulit untuk mengejan.

3. Posisi setengah duduk
Dengan posisi ini, ibu hamil duduk dengan punggung bersandar di bantal sementara kaki ditekuk dengan paha dibuka ke samping. Posisi ini cukup nyaman untuk ibu hamil. Posisi persalinan normal ini memiliki kelebihnan sumbu jalan persalinan yang harus ditempuh oleh janin agar bisa keluar menjadi lebih pendek. Suplai oksigen dari ibu menuju janin juga dapat berjalan maksumal. Di sisi lain kelemahannya adalah dapat menimbulkan kelelahan serta keluhan pada punggung yang pegal. Terlebih lagi bila proses persalinan normal ini berlangsung lama.

4. Posisi jongkok 
Ibu hamil berjongkok di atas bantalan empuk yang berfungsi menahan kepala serta tubuh bayi nantinya. Kelebihan posisi persalinan normal ini adalah lebih mudah karena memanfaatkan gaya gravitasi bumi yang menjadikan ibu tidak perlu terlalu mengejan. Kekurangannya di sisi lain adalah ada kemungkinan kepala bayi menjadi cedera dan posisi ini kurang menguntungkan disebabkan membuat sulut pemantauan perkembangan pembukaan serta tindakan persalinan normal Empat Posisi Persalinan Normal

0 comments:

Post a Comment

Twitter Delicious Facebook Digg Stumbleupon Favorites More

 
Design by Free WordPress Themes | Bloggerized by Lasantha - Premium Blogger Themes | Facebook Themes