Wednesday, September 26, 2012

Hati-Hati Cemilan Anda Bisa Bikin Sakit Paru-Paru

"Hati-Hati Cemilan Anda Bisa Bikin Sakit Paru-Paru" 

Hati-Hati Cemilan Anda Bisa Bikin Sakit Paru-Paru  - "Saya mungkin terlihat seperti orang yang cukup sehat, namun saya hanya memiliki sekitar 53 persen kapasitas paru-paru saya," kata Wayne Watson kepada ABC News. Pada hari Rabu, para juri pengadilan memutuskan  pria asli Denver  yang berumur 59 tahun itu mendapatkan7,2 juta dollar terhadap penyakit yang dideritanya setelah menuntut Gilster-Mary Lee Corporation, Perusahaan Kroger, dan Dillon Corporation karena penyakit yang diduga tertular dari camilan favoritnya, popcorn microwave.

"Popcorn paru” adalah nama informal dari penyakit bronchiolitis obliterans, suatu penyakit yang biasa ditemui pada pekerja pabrik yang menghirup zat diacetyl dengan kadar yang tinggi, bahan kimia yang digunakan dalam perasa mentega buatan. Gejalanya meliputi bersin, batuk kering, kelelahan, dan sesak napas. Kondisi ini dapat mengakibatkan penderita harus memerlukan transplantasi paru-paru atau bahkan berakibat fatal. The Centers for Disease Control (CDC) melaporkan bahwa biopsi paru dari para pekerja yang sakit dari tanaman yang jadi bahan pembuatan microwave popcorn menunjukkan jaringan parut dari bronkiolus, saluran udara terkecil di paru-paru, membatasi bernapas. Oleh karenanya direkomendasikan agar pekerja pabrik yang memproduksi perasa buatan itu mengambil tindakan pencegahan seperti memakai respirator, menjaga wadah bahan kimia agar tertutup rapat, dan mendapatkan tes napas secara teratur. Sebuah studi pada bulan Juni 2012 dalam jurnal Penelitian Kimia dan Toksikologi juga menduga ada keterkaitan antara zat diacetyl dengan penyakit Alzheimer.

Watson memang tidak bekerja di pabrik popcorn, tapi dia mengungkapkan bahwa ia memakan 2-3 kantong popcorn microwave sehari selama sepuluh tahun dan menyalahkan penyakitnya karena menghirup asap dari aroma mentega dari popcorn. Dia mulai mengalami masalah pernapasan pada tahun 2007. Penyanyi dari paduan suara gereja lokal ini mengatakan kepada CBS News, "kapasitas paru-paru saya tampaknya mulai berkurang dan aku tidak bisa mempertahankan kebugaran  saya seperti yang  saya dulu bisa." Hati-Hati Cemilan Anda Bisa Bikin Sakit Paru-Paru - Dokternya, Dr Cecile Rose, seorang spesialis paru-paru mengungkapkan riwayat kesehatan rinci pasiennya. "Dia memiliki kondisi paru-paru yang kita tahu adalah sesuatu yang berhubungan dengan sesuatu yang ia menghirup," kata Rose. "... Dan hal itu belum bisa diyakinkan  hingga masa akhir evaluasi awal medisnya, dimana saya berpaling kepadanya dan bertanya ... apakah dia terkena atau berada sekitar tempat di mana banyak popcorn? Dan rahangnya pun terbuka lebar dan dia bertanya padaku bagaimana saya bisa tahu tentang kebiasaannya " Kemudian, tes kualitas udara di rumah Watson menunjukkan bahwa kontaminasi di dapurnya setara ketika ia berada di pabrik saat dia membuat popcorn. Ia juga mengatakan ia sering mencium bau popcorn ketika ia merobek kantong popcorn yang akan dibuatnya.

Meskipun ratusan karyawan pabrik popcorn telah mengajukan gugatan akibat penyakit paru-paru popcorn”-nya  terkait dengan hirupan zat diacetyl - beberapa orang berhasil mendapatkan ganti rugi sebesar $ 34.000.000 - Watson adalah konsumen pertama yang melakukan tindakan serupa. Gugatan konsumen lainnya terhadap ConAgra terjadi pada tahun 2008. Larry Newkirk, seorang pengusaha Spokane, mengaku telah menderita akibat penyakitnya dari asap yang ia hirup dari 4-6 kantong camilan yang ia konsumsi tiap harinya

Kabar baik bagi para konsumen adalah bahwa produsen utama dari popcorn microwave telah berhenti menggunakan zat diacetyl pada tahun 2008. Namun, beberapa advokat kesehatan mengeluhkan bahwa bahan pengganti nya juga berbahaya jika terhirup. Masalah lainnya adalah lapisan lilin pada bungkus popcorn microwave yang mengandung zat kimia yang disebut asam perfluorooctanoic (PFOA). Pada tahun 2011, Kantor Administrasi Makanan dan Obat menyerukan bagi perusahaan agar secara sukarela berhenti menggunakan PFOA dalam bungkus popcorn microwave tapi peraturan tersebut tidak diberlakukan sampai tahun 2015 nanti. Jika Anda khawatir tentang popcorn microwave, alternatif yang aman adalah dengan menggunakan Popper udara atau memasak dengan menggunakankompor - Hati-Hati Cemilan Anda Bisa Bikin Sakit Paru-Paru .

0 comments:

Post a Comment

Twitter Delicious Facebook Digg Stumbleupon Favorites More

 
Design by Free WordPress Themes | Bloggerized by Lasantha - Premium Blogger Themes | Facebook Themes