Sunday, September 9, 2012

Makanan yang Harus Dihindari Saat Hamil

"Makanan yang Harus Dihindari Saat Hamil" 

Makanan yang Harus Dihindari Saat Hamil - Banyak orang yang berpendapat bahwa pada dasarnya kehamilan bukanlah penyakit. Makanya selama menjalani masa kehamilan anda tak perlu kuatir ketika memilih makanan  ibu hamil dan minuman untuk dikonsumsi. 
Tetapi ada baiknya bila anda ibu hamil waspada terhadap beberapa jenis makanan dan minuman yang kurang baik bagi tubuh ibu hamil. Hal ini semata untuk menjaga kondisi janin ibu hamil.
Di bawah ini adalah jenis makanan ibu hamil dan minuman yang mesti dihindari selama masa kehamilan sebagaimana dikutip dari halaman Shine:

Daging yang mentah
Bila anda yang menggemari steak, baiknya ketika hamil anda menjauhi makanan ini. Daging yang kurang matang bisa membawa kandungan virus salmonella, bakteri toksoplasmosis dan E. coli. Bila terus dikonsumsi dapat menyebabkan diare dan mual. Akan sangat berbahaya karena daging dapat mengakibatkan keguguran dan kelahiran bayi premature. Agar dapat terhindar dari hal ini, baiknya anda memastikan daging dimasak sempurna. Daging merah sebaiknya dimasak dengan suhu 170 ° F . Hindari asupan makanan yang dimasak kurang matang, juga termasuk bagi jenis makanan laut.

Hindari Alkohol
Jika anda hamil, sebaiknya anda menghentikan kebiasaan meminum minuman beralkohol. Alkohol bisa merusak serta menghambat perkembangan janin utamanya pada trimester pertama. Tetapi di akhir kehamilan minum satu gelas kecil anggur tidak akan menjadi masalah. Namun baiknya konsultasikan hal tersebut pada dokter anda.

Mengurangi asupan kafein
Banyak dokter setuju bahwa jumlah kafein yang sama dengan dua gelas kopi tiap hari, tidak akan membahayakan anda maupun janin. Namun sangat dianjurkan untuk mengurangi jumlah kafein yang anda asup - Makanan yang Harus Dihindari Saat Hamil.

Makanan Laut yang Mengandung Merkuri
Ikan laut misalnya tuna, udang dan salmon mengandung banyak omega 3 asam lemak esensial yang sangat baik bagi otak janin. Makanan laut juga bisa saja mengandung merukuri yang sangat berbahaya, oleh karenanya lebih baik batasi asupan makanan laut.

Keju 
Keju yang lembut bisa mengandung baketeri yang berbahaya bagi janin jika tidak disterilkan. Telitilah label dan bertanya pada dokter terlebih dahulu.

Pemanis Buatan
Zat pengganti gula misalnya nutrasweet, splenda atau aspartam merupakan bahan kimia tambahan yang belum tuntas diteliti keamanannya bagi ibu hamil. Baiknya batasi minum diet soda dan permen yang bebas gula. Bila ingin makan yang manis-manis cicip saja satu kali.

Hati Sapi
Hati sapi memang sangat dianjurkan agar dikonsumsi oleh ibu hamil. Hati adalah sumber zat besi serta mengandung vitamin A yang sangat dibutuhkan bagi perkembangan janin. Tetapi, karena organ tersebut juga merupakan penyaring racun, makan sangat riskan untuk memakannya ketika sedang hamil - Makanan yang Harus Dihindari Saat Hamil.

0 comments:

Post a Comment

Twitter Delicious Facebook Digg Stumbleupon Favorites More

 
Design by Free WordPress Themes | Bloggerized by Lasantha - Premium Blogger Themes | Facebook Themes