Thursday, August 16, 2012

6 Makanan Penunda Lapar

"6 Makanan Penunda Lapar"
6 Makanan Penunda Lapar - Ungkapan populer "makan sebelum lapar dan berhenti sebelum kenyang, seyogyanya menjadi pedoman bagi kita dalam menjaga kondisi tubuh agar tetap ideal. Tetapi pada kenyataannya hal tersebut sulit untuk dipraktekkan. Namun jangan khwatir masih ada kok cara praktis agar anda tetap merasa kenyang dalam waktu yang lama. cara tersebut tak lain dengan melakukan pemilihan makanan yang tepat, sebagaimana dikutip dari womansday.com.

1. Alpukat
Buah alpukat memiliki daging yang kaya serat serta baik sekali untuk kesehatan jantung, dikarenakan mempunyai lemak tak jenuh tunggal. Seorang penulis buku kenamaan Diet Dummies, Erin Palinski menyatakan serat dan lemak pada alpukat akan menjadikan kita merasa lapar lebih lama dengan mencomot sedikit kalori di dalamnya.

Pada satu studi menunjukkan bahwa zat asam pada alpukat serta lemak tak jenuh tunggalnya akan sigap menginformasikan otak bahwa perut anda masih kenyang. Namun Anda harus mengingat bahwa memakan setengah buah alpukat itu sama dengan anda sudah makan makanan sebanyak 140 kalori.

2. Telur
Lembaga penelitian bernama Pennington Biomedical Research Center di Baton Rouge, Los Angeles melakukan percobaan yang menunjukkan bahwa hidangan sarapan pagi pada orang gemuk akan menjadikannya merasa lapar lebih lama. Hal ini berkaitan erat dengan enzim Ghelin yang dihasilkan oleh sel selaput lambung. Enzim ini berfungsi merangsang nafsu makan. Ia memiliki tugas spesifik menyampaikan otak bahwa tubuh sedang lapar.

Seorang ahli diet asal New York, Juile Kaye menyatakan bahwa telur merupakan kombinasi yang baik antara protein dan lemak, hingga akan lebih memberi rasa kenyang pada perut dibandingkan dengan menu lainnya. Tidak ada yang perlu dikahwatirkan jika anda memiliki tingkat kolesterol tinggi, karena kuning telur bukan merupakan faktor utama yang menjadikan koleterol meningkat dalam darah.

Namun jika anda tetap ragu, mulailah dengan mengkonsumsi putih telur. Dengan kandungan protein yang tinggi putih telur juga mampu mencegah anda cepat merasa lapar.

3. Sup
6 Makanan Penunda Lapar - Universitas Pensylvania mengumumkan penelitan terbarunya yang menemukan bahwa perempuan yang mengkonsumsi sup kaldu ayam beserta sedikit nasi akan membuat tidak cepat lapar. Para ahli nutrisi menyatakan meminum cairan hangat dapat mengurangi nafsu makan. Konsumsilah sup yang cair bukan yang kental, karena sup kental bisa membuat penumpukan lemak serta mengandung kalori yang tinggi.

4. Kacang Almond
Tak pelak lagi hampir semua jenis kacang-kacangan dapat memberi efek yang baik bagi jantung anda. Kaye berargumen bahwa mengkonsumsi 15 kacang almond sebelum makan siang dan malam, bisa membantu anda menghindari cemilan kue pada saat istirahat, selain itu juga dapat menyimpan energi.

Dalam penelitian tentang kacang almond, terdapat hal menarik yaitu tubuh manusia tidak mampu menyerap semua lemak yang ada di almond yang membuat asupan kalori menjadi rendah saat mengkonsumsinya.

5. Air
Air merupakan unsur utama sekaligus vital pada setiap makhluk hidup di bumi. Begitu banyak alasan bagi kita agar mengkonsumsi air, baik itu untuk menjaga organ persendian maupun menjaga fungsi dan jaringan dalam sistem percenaan. Selain fungsi diatas ternyata air juga mampu mecegah kita merasa lapar lebih lama.

Sebuah penelitian mengungkapkan bahwa orang yang meminum air sebanyak dua gelas setiap hari sebelum makan, ia menerima 70 hingga 90 kalori lebih sedikti daripada orang yang tak meminum air putih sama sekali.

6. Kacang-kacangan
Buncis, kacang tanah, lentil serta jenis kacang-kacangan lainnya memiliki banyak protein, karbohidrat dan lemak yang baik bagi tubuh. Seorang pakar diet, Julie McGinnis menyatakan bahwa kacang-kacangan mampu mempertahankan kestabilan gula darah -6 Makanan Penunda Lapar.

0 comments:

Post a Comment

Twitter Delicious Facebook Digg Stumbleupon Favorites More

 
Design by Free WordPress Themes | Bloggerized by Lasantha - Premium Blogger Themes | Facebook Themes