Tuesday, August 28, 2012

Tahi Lalat Berbahaya Punya Ciri Ini

"Tahi Lalat Berbahaya Punya Ciri Ini" 

Tahi Lalat Berbahaya Punya Ciri Ini - Tahi lalat atau nevus pigmentosus adalah tumor jinak yang ada pada kulit luar yang umum dijumpai pada manusia. Jenis tumor jinak ini biasanya berwarna gelap dengan ukuran yang tetap walaupun ada juga yang terus membesar.

Umumnya tahi lalat sudah ada sejak lahir, namun bisa juga baru timbul ketika sudah dewasa. Biasanya terlalu sering kontak dengan matahari menjadi pemicu yang menyebabkan peningkatan pigmen melanin. Tahi lalat juga timbul karena faktor genetik, makanan cepat saji, obat-obatan pemutih kulit ataupun bahan-bahan yang di dalamnya terdapat bahan arsen.

Tahi lalat adalah penanda terjadinya penumbukan pigmen yang telah terakumulasi di kulit sejak masih dalam kandungan. Pigmen tersebut mempunyai sarang di bagian bawah kulit dan dapat timbul sewaktu-waktu. Itulah mengapa tahi lalat dapat bertambah jumlahnya seiring dengan penambahan usia. 

Dr. Tjut Nurul Alam Jacoeb, Sp.KK mengungkapkan bahwa tahi lalat umumnya tak berbahaya, dan hanya menyebabkan keluhan akan penampilan, namun tahi lalat dapat juga berubah menjadi kanker. Untuk mengetahui apakah tahi lalat anda berbahaya atau tidak bisa diketahui dengan pemeriksaan metode ABCD. 

A (Asymetris)
Tahi lalat yang memiliki sifat kanker biasanya bentuknya tidak beraturan. Tahi lalat normal memiliki bentuk bulat - Tahi Lalat Berbahaya Punya Ciri Ini .

B (Border)
Tahi lalat yang mempunyai sifat kanker memiliki pinggiran atau garis batas yang abnormal, yaitu dengan tepi bergerigi dan terkadang muncul tonjolan pada bagian tengah tahi lalat. Tahi lalat normal memiliki tepi yang rata serta tidak punya tonjolan.

C (colour)
Tahi lalat dengan campuran warna seperti merah, putih, hitam, cokelat dan biru dapat menjadi penanda tahi lalat tersebut bersifat kanker ketimbang tahi lalat dengan satu warna. Anda harus waspada bila memiliki tahi lalat dengan warna yang tidak homogen.

D (Diameter)
Tahi lalat yang memiliki sifat kanker umumnya punya ukuran yang lebih besar dari pada tahi lalat yang normal. Tahi lalat yang berbahaya memiliki ukuran yang terus membesar bahkan hingga diameternya melebihi 6 milimeter.

Tahi Lalat Berbahaya Punya Ciri Ini - Tahi lalat dengan ciri-ciri yang berpotensi menjadi penyakit kanker harus segera ditangani sebelum menyebar pada bagian tubuh lain. Satu-satunya jalan adalah dengan melakukan operasi pengangkatan tahi lalat.  

0 comments:

Post a Comment

Twitter Delicious Facebook Digg Stumbleupon Favorites More

 
Design by Free WordPress Themes | Bloggerized by Lasantha - Premium Blogger Themes | Facebook Themes