Wednesday, August 22, 2012

Obat Diabetes Herbal: Jahe

"Obat Diabetes Herbal: Jahe"

Obat Diabetes Herbal: Jahe - Obat diabetes sungguh banyak jenis dan pilihannya. Tulisan ini akan mengungkap jahe sebagai salah satu obat herbal diabetes. Jahe telah dikenal manfaatnya sejak ribuan tahun silam. Tidak saja sebagai bumbu memasak, jenis rempah dengan nama latin Zingiber officinale ini juga memiliki kegunaan sebagai obat tradisonal diabetes.

Seperti dikutip dari Huffington Post, beberapa ilmuwan dari University of Sydney, Australia, mendapatkan khasiat jahe bagi pasien diabetes. Para ilmuwan ini menemukan kandungan nutrisi pada jahe mampu bekerja membantu proses pengelolaan kadar gula dalam darah. Dengan kemampuan ini jahe mampu menjadi obat diabetes yang ampuh dan tentu saja alami.

Berdasarkan hasil penelitan tersebut yang juga dipublikasikan pada News Medical, jahe dapat menjadi obat diabetes karena terdapat senyawa gingerol pada ekstrak jahe yang dapat memperbesar laju penyerapan glukosa ke dalam sel otot tanpa harus bergantung pada besar jumlah insulin yang diproduksi.

Seorang pakar farmasi kimia Prof. Roufogalis yang juga terlibat pada penelitian ini menyatkanan bahwa jahe adalah obat diabetes yang mampu membantu pengontrolan kadar gula dalam darah dan mencegah pasien diabetes menderita komplikasi dalam jangka waktu yang lama.

Jahe sebagai obat diabetes ini makin lengkap karena kandungan gingerolnya ternyata juga mempunyai efek antikoagulan yang dapat menghalangi penggumpalan darah. Obat Diabetes Herbal: Jahe - Sebagai obat herbal diabetes kandungan di dalam jahe juga merangsang proses pelepasan adrenalin yang akan membuat aliran darah menjadi lancar. Itulah sebabnya jahe juga memiliki fungsi untuk mencegah penyumbatan pada pembuluh darah yang dapat menyebabkan serangan stroke dan jantung.

Walaupun masih harus diteliti lebih lanjut, penemuan jahe sebagai obat diabetes ini telah menambah jumlah manfaat jahe bagi tubuh. Jahe yang begitu berkhasiat ini telah dikenal secara turun temurun diantarasnya sebagai: pereda perut kembung, masuk angin, batuk, anti mual, masalah pencernaan, sakit tenggorokan serta diare.

Sekilas tentang Rempah Jahe
Tumbuhan jahe diperkirakan datang dari daratan Cina Selatan dan kemudian menyebar menuju Asia, Afrika, Eropa sampai ke Amerika Latin. Jahe juga selalu hadir dalam berbagai masakan oriental, baik dalam bentuk bakar, tumis, kukus dan goreng.

Diluar dari manfaat kesehatan yang dimiliki oleh jahe seperti obat diabetes, ia menawarkan aroma serta rasa yang khas yang meningkatkan rasa sedap masakan. Jahe juga berperan untuk melenyampkan bau amis pada beberapa bahan makanan misalnya unggas, ikan, daging sapi dan udang. Obat Diabetes Herbal: Jahe - Dan jangan lupa jahe adalah obat diabetes.

0 comments:

Post a Comment

Twitter Delicious Facebook Digg Stumbleupon Favorites More

 
Design by Free WordPress Themes | Bloggerized by Lasantha - Premium Blogger Themes | Facebook Themes