Monday, August 27, 2012

Penyakit Ini yang Membuat Neil Armstrong Wafat

"Penyakit Ini yang Membuat Neil Armstrong Wafat"

Penyakit Ini yang Membuat Neil Armstrong Wafat - Neil Armstrong merupakan astronot yang pertama kali menjejakkkan kaki di bulan, yang tak lain adalah satelit bumi. Dibalik prestasi emas tersebut, siapa yang menyangka pria asal Amerika Serikat ini kalah dalam pertarungannya dengan penyakit mematikan dan meninggal pada 25 Agustus 2012. Sebenarnya apa penyakit yang ia derita sehingga wafat?

Laporan rumah sakit mengungkapkan bahwa Neil Armstrong wafat karena komplikasi sehabis melakukan operasi jantung di usianya yang ke 82 tahun. Diungkapkan pula bahwa Neil Armstrong berada di meja bedah pada Agustus awal guna memotong penyumbatan pada pembulu darah koroner yang berjumlah 4.

Seperti dikutip dari Mayo Clinic, saat dilakukan operasi bypass koroner doketer menggunakan sebagian pembuluh darah dari kaki, lengan serta beberapa bagian tubuh lainnya serta menanamnya demi mengarilkan darah ke wilayah dengan arteri tersumbat, sehingga aliran darah menuju jantung dapat kembali normal.

Walaupun Neil Armstrong diberitakan dalam kondisi yang baik pasca operasi, tetapi upaya ini tidak serta merta menyembuhkan masalah pada jantungnya yang merupakan masalah utama yang dapat memicu penyumbatan berikutnya. Kondisi demikian tak lain adalah penyakit jantung koroner - Penyakit Ini yang Membuat Neil Armstrong Wafat.

Lung and Blood Institute dan National Heart dua institusi ini mengungkapkan bahwa penyakit jantung koroner merupakan pembunuh nomor wahid pda laki-laki juga perempuan di Amerika Serikat. Oleh karenanya penyakit yang diderita oleh Neil Armstrong memang cukup mematikan.

Untuk jenis operasi yang dijalani Neil Armstrong yaitu operasi bypass merupakan tindakan operasi jantung terbuka di mana selalu terdapat resiko. Beberapa komplilkasi yang seringkali timbul pasca operasi yaitu gangguan irama jantung atau aritmia dan pendarahan. Sementara resiko yang terjadi namun frekuensinya kurang yaitu gagal jantung, serangan jantung, infeksi luka operasi atau kehilangan memori.

Dr Jeffrey Everett seorang ahli bedah kardiothorax di University of Tennessee Medical Center, seperti dimuat dalam LiveScience, Senin (27/8/2012), mengungkapkan bahwa peluang terjadinya komplikasi akan makin tinggi dengan bertambhanya umur. Tetapi penilaian kesehatan secara keseluruhan jauh lebih penting. 

Penyakit jantung koroner ini dapat timbul karena adanya penumpukan sejenis plak pada arteri koroner, yang tak lain adalah pembuluh darah yang mengalirkan darah kaya akan oksigen menuju jantung dan juga ikut memperbesar kinerja otot jantung dalam memompa. Yang perlu juga diketahui bahwa resiko terkena jenis penyakit ini akan makin meningkat seiring dengan pertambahan umur - Penyakit Ini yang Membuat Neil Armstrong Wafat

0 comments:

Post a Comment

Twitter Delicious Facebook Digg Stumbleupon Favorites More

 
Design by Free WordPress Themes | Bloggerized by Lasantha - Premium Blogger Themes | Facebook Themes