Thursday, August 2, 2012

Duduk Lebih Dari 3 Jam Bisa Bikin Kanker

"Duduk Lebih Dari 3 Jam Bisa Bikin Kanker"

Duduk Lebih Dari 3 Jam Bisa Bikin Kanker - Jangan duduk lebih dari tiga jam, jika anda ingin hidup lebih lama. Penelitian terbaru mengungkap bahwa, aktivitas duduk selama lebih dari tiga jam dalam sehari berpeluang menurunkan harapan untuk hidup hingga dua tahun. Di sisi lain, menonton tv lebih dari dua jam dapat mengurangi kesempatan untuk hidup sebanyak 1,4 tahun.

Seorang profesor epidemilogi dari Pennington Biomedical Research Center, Amerika Serikat seperti Time mengatakan bahwa perilaku kurang bergerak atau dikenal dengan istilah sedentary adalah faktor risiko yang signifikan setara dengan obesitas dan merokok.

Analisa Katzmarzky terhadap lima studi sebelumnya melibatkan 167.000 wanita mapun pria dengan usia antara 18 sampai 90 tahun dari bermacam-macam negara.

Orang-orang pada umumnya tidak menyadari dampak negatif duduk terlalu lama. Juga tidak sedikit orang yang merasa tetap sehat dengan mengisinya dengan olah raga selama 30 menit dalam sehari. Banyak yang tidak menyadari bahwa sisa waktu 23,5 jam itu sangat penting diisi dengan aktivitas fisik lainnya.

Duduk Lebih Dari 3 Jam Bisa Bikin Kanker - Profesor asal Lousiana ini mengungkapkan bahwa ketika kita duduk, otot-otot pada kaki sama sekali tidak bekerja aktif. Jika hal tersebut berlangsung lama, tubuh kita akan sulit mengolah glukosa dalam darah dan tentunya berdampak negatif pada kesehatan.

Banyak studi sebelumnya yang menghubungkan durasi waktu untuk duduk dengan aktivitas menonton televisi dan resiko penyakit misalnya stroke, jantung dan diabetes. Hal ini berkaitan dengan berbagai penyakit yang rentan mendorong kematian dini. 

Pada tahun sebelumnya, peneliti mengungkap bahwa para pekerja yang intenstas duduknya tinggi atau tidak mengeluarkan energi yang besar dalam rentang waktu 10 tahun, berisiko menderita kanker usus besar sebanyak dua kali lipat serta beresiko kanker anus hingga 44%.

Di bulan Maret yang lalu, para ilmuwan telah menenmukan besarnya resiko obesitas dan kanker pada orang yang sangat kurang aktivitas fisiknya. Resiko kanker yang dimaksud di antaranya adalah, kanker pankreas, ginjal, esofagus dan  kanker rahim Duduk Lebih Dari 3 Jam Bisa Bikin Kanker

0 comments:

Post a Comment

Twitter Delicious Facebook Digg Stumbleupon Favorites More

 
Design by Free WordPress Themes | Bloggerized by Lasantha - Premium Blogger Themes | Facebook Themes