Wednesday, August 29, 2012

Gejala Demam Berdarah dan Penanganannya

"Gejala Demam Berdarah dan Penanganannya"

Gejala demam berdarah dengue atau DBD seringkali mucul dengan jumlah yang sangat signifikan ketika pergantian musim tiba. Penyakit ini tergolong mematikan dan masih menjadi ancama bagi penduduk di negara-negara tropis termasuk Indonesia. 

Gejala demam berdarah disebabkan oleh infeksi virus dengue yang ditularkan melalui gigitan nyamuk Aedes albopticu berkelamin betina atau yang terkenal Aedes aegypty. Nyamuk dengan belang putih pada kakinya ini menggigit manusia pada siang hari. Virus dengue memiliki empat jenis atau strain yaitu tipe 1, 2, 3 serta 4. Di Indonesia tipe 3 merupakan tipe yang dominan.

Hingga sekarang gejala demam berdarah seringkali tidak terduga. Umumnya gejala demam berdarah dapat berupa pusing, demam tinggi, bahkan hingga muntah darah. Tetapi sayangnya, gejala serupa juga ditemukan pada penyakit lain. Hal ini mengakibatkan hingga sekrang seringkali terjadi kesalahan dalam diagnosa. Oleh karenanya, anda mesti waspada dan mengenali sejak dini gejala-gejala lainnya - Gejala Demam Berdarah dan Penanganannya.

Gejala Demam Berdarah:
1. Mendadak demam tinggi
2. Sakit kepala yang berat, khususnya pada bagian dahi
3. Nyeri sendi pada tubuh
4. Muntah dan mual
5. Kemerahan pada wajah
6. Hasil tes laboratorium menunjukkan jumlah trombosit dan leukosit menurun atau kurang dari 100 ribu serta terjadi peningkatan hematokrit atau tingkat kekentalan darah.

Penanganan demam berdarah:
- Memonitor suhu tubuh penderita tiap hari
- Bawa kembali ke dokter jika demam terus berlangsung selama 3 hari berturut-turut
- Beri asupan air yang cukup serta beristirahat adalah dua hal yang penting bagi pasien yang menderita gejala demam berdarah
-Berikan cairan infus jika penderita gejala demam berdarah mengalami muntah, lemas atau sulit makan dan minum
- Awasi terus penderita gejala demam berdarah jangan biarkan sampai syok yang ditandai rasa mengantuk, lemas bahkan pingsan dengan kaki terasa sangat dingin. 

Gejala Demam Berdarah dan Penanganannya - Demikian paparan gejala demam berdarah serta cara penanganannya bagi penderita agar kita lebih awas dan memiliki bekal jika sewaktu-waktu kita atau anggota keluarga kita mengalami gejala demam berdarah. 

0 comments:

Post a Comment

Twitter Delicious Facebook Digg Stumbleupon Favorites More

 
Design by Free WordPress Themes | Bloggerized by Lasantha - Premium Blogger Themes | Facebook Themes