Sunday, August 12, 2012

Panduan dan Manfaat Senam Ibu Hamil

"Panduan dan Manfaat Senam Ibu Hamil"
Panduan dan Manfaat Senam Ibu Hamil - Setiap Ibu hamil sudah pasti menginginkan anak dalam kandungannya dapat tumbuh sehat dan nanti saat persalinan dapat berjalan dengan lancar. Keinganan tersebut bukannya tidak mungkin dapat tercapai asalkan saat masa hamil wanita yang sedang mengandung dapat menjada kondisi tubuhnya tetap bugar dan senantiasa sehat. Untuk mencapai itu semua anda bisa melakukan salah satu cara yang dianjurkan yaitu senam ibu hamil.

Beberapa gerakan senam ibu hamil yang dapat dipraktekkan dan dicoba sendiri adalah sebagai berikut:
  • Menegakkan punggung sembari duduk bersila, kemudia tempatkan tangan di atas kaki sehingga menyerupai orang bersemedi. Dengan mengambil posisi duduk seperti ini kita dapat mengatur nafas dengan lebih baik. Gerakan senam ibu hamil ini dapat dilakukan di atas matras, tikar, karpet atau alas lain yang lembut.
  • Ambil posisi senam ibu hamil dengan duduk sambil merenggangkan kedua kaki yang diluruskan ke depan. Kemudian coba condongkan tubuh ke belakang dengan bertumpu pada siku-siku lengan yang ditempatkan di lantai. Langkah selanjutnya dari senam ibu hamil ini adalah menggerakkan telapak kaki dengan menegakkannya lalu mengarahkannya ke bawah sampai posisinya lurus dengan lutut. Gerakan lainnya adalah dengan menggerakkan kembali telapak kaki ke samping, kemudian tegakkan dengan lurus, ke samping lagi, ulangilah gerakan ini hingga anda merasa cukup - Panduan dan Manfaat Senam Ibu Hamil.
  • Ambillah posisi tidur dengan satu bantal sebagai penyangga kepala, kemudian angkat lutut kaki hingga menyerupai posisi melahirkan. Tariklah nafas yang dalam melalui mulut, kemudian tahan dan mengejen (mendorong tubuh saat sedang buang air besar). Bila anda merasa nafas sudah akan habis, keluarkan kemudian tarik kembali nafas dan ulangi proses senam ibu hamil yang terakhir ini.
Beberapa manfaat dari gerakan senam ibu hamil diatas yaitu:
  1. Dapat melemaskan otor-otot tubuh serta membantu melancarkan peredaran darah
  2. Dengan senam ibu hamil tubuh akan terasa lebih segar, rilek dan lebih bugar
  3. Manfaat ke depannya adalah akan mempermudah proses persalinan. Selain itu senam ibu hamil juga berperan penting dalam menjaga kesehatan janin.
Anda dapat menemukan berbagai tips di sini terutama bagi ibu hamil. Anda juga dapat berdiskusi di blog ini tentang senam ibu hamil, atau tentangn pengalaman pribadi ketika sedang mengandung atau melahirkan - Panduan dan Manfaat Senam Ibu Hamil.

0 comments:

Post a Comment

Twitter Delicious Facebook Digg Stumbleupon Favorites More

 
Design by Free WordPress Themes | Bloggerized by Lasantha - Premium Blogger Themes | Facebook Themes