Monday, August 20, 2012

Makanan Ibu Hamil yang Sehat Bergizi


"Makanan Ibu Hamil yang Sehat Bergizi"
Makanan Ibu Hamil yang Sehat Bergizi - Makanan bagi ibu hamil sama pentingnya dengan kehamilan itu sendiri dan layak untuk diperhatikan. Hal tersebut mesti dilakukan supaya bayi anda yang di dalam kandungan menjadi sehat serta lahir dengan normal. Bagi anda ibu hamil mesti memperhatikan pola makan sehat terutama jenis makanan ibu hamil.

Terlebih lagi saat hamil muda tepatnya waktu tiga bulan pertama, makanan ibu hamil harus seimbang. Selain kondisi yang prima serta kesehatan yang stabil secara fisik ibu hamil, juga kondisi emosi yang nyaman juga harus diperhatikan dalam masa kehamilan.

Secara umum, para ibu hamil yang baru pertama kali seringkali merasa mual dan pengen muntah. Hal ini dapat membuat kondisi kesehatan ibu hamil menurun. Persoalan ini dapat diredam dengan cara mengatur pola makan anda dan mengetahui jenis makakan ibu hamil yang tepat. Walaupun rasa mual sering terasa, ibu hamil meski tetap mendapatkan asupan  makanan yang bergizi seimbang. Hal ini dikarenakan sangat mempengaruhi perkembangan janin di dalam rahim.

Berikut ini beberapa jenis makanan ibu hamil yang sehat berdasarkan jenis kandungan di dalamnya.

1. Makanan ibu hamil kaya zat besi
Makanan dengan kandungan zat besi tinggi dapat diperoleh dari sayur hijau serta daging segar. Zat besi banyak dibutuhkan plasenta di dalam kandungan. Plasenta memiliki fungsi mengalirkan zat gizi serta oksigen dari tubuh ibu hamil kepada janin. Makanan ibu hamil yang mengandung zat besi juga nantinya akan membantu proses persalinan, karena diperkirakan ibu yang melahirkan akan banyak kehilangan darah.

2. Makanan ibu hamil kaya karbohidrat
Jagung, nasi, roti, mie, kentang dan ubi merupakan jenis makanan dengan kandungan karbohidrat yang tinggi Makanan Ibu Hamil yang Sehat Bergizi - . Karbohidrat di dalam makanan ibu hamil diperlukan untuk pertumbuhan janin dalam rahim dan ikut menjaga kesehatan ibu hamil. Dengan tercukupinya karbohidrat janin di dalam kandungan akan terjaga dengan baik.

3. Asupan Air
Ibu hamil membutuhkan lebih banyak asupan air selama masa kehamilannya. Hal ini dikarenakan ibu hamil sangat mudah mengeluarkan keringat dan juga sangat sering mengeluarkan cairan. Oleh karenanya makanan ibu hamil harus disertai asupan air yang cukup agar anda tidak kekurangan cairan, sehingga kondisi kehamilan yang prima dapat terus dijaga. Namun jika saat meminum air anda merasa mual, ibu hamil dapat menggantinya dengan buah yang sudah dijadikan jus, sehingga tidak terasa hambar dan lebih segar.

4. Makanan ibu hamil kaya protein
Kebutuhan ibu hamil terhadap asupan protein meningkat hingga 12 gram setiap 1 kilogram berat badan. Hal ini dikarenakan ibu hamil perlu menggantikan sel-sel yang mati pada tubuhnya , juga berfungsi untuk membentuk pertumbuhan pada janin di dalam rahim. Pada kondisi normal atau wanita yang tidak sedang hamil, kebutuhan akan protein hanya 1 gram tiap 1 kg berat badannya. Oleh karenanya pastikan makanan ibu hamil mengandung protein yang cukup. Protein dapat diperoleh dari bahan makanan seperti kacang-kacangan, tempe dan tahu, ikan, daging serta telur.

5. Makanan ibu hamil kaya vitamin
Sangat dianjurkan menu makanan ibu hamil sebaiknya mengandung semua unsur mulitivitamin. Anda dapat dengan mudah menemukan bahan makanan yang kaya akan vitamin, misalnya pada buah segar, semua jenis sayur hijauMakanan Ibu Hamil yang Sehat Bergizi - Pastikan juga ibu hamil mendapatkan asupan vitamin dari berbagai macam lauk nabati dan hewan dalam menu makanan ibu hamil. 



1 comments:

Mainusa said...

Makasih infonya y min :)
:-d

ditunggu kunjungan baliknya di >> teknik pemijatan payudara
tengkyu :d


Post a Comment

Twitter Delicious Facebook Digg Stumbleupon Favorites More

 
Design by Free WordPress Themes | Bloggerized by Lasantha - Premium Blogger Themes | Facebook Themes