Sunday, August 5, 2012

Kurang Tidur Bikin Gemuk

Kurang Tidur Bikin Gemuk

Kurang Tidur Bikin Gemuk - Tidur bukan hanya sekedar aktivitas mengistirahatkan tubuh, hal ini juga merupakan terapi yang baik untuk meningkatkan kualitas kesehatan dalam jangka panjang.

Studi yang dilakukan peneliti di Finlandia menunjukkan bahwa tidur kurang dari enam jam tiap hari sangat rentan menaikkan berat badan kita sehingga dapat menimbulkan masalah kesehatan yang parah.

Pada orang yang kurang tidur, proses metabolisme tubuhnya terganggu sehingga timbunan lemak mengalami peningkatan. Di bawah ini adalah empat efek negatif dari kurang tidur pada tubuh, yang dikutip dari Fox News.

Lemak yang terbakar sangat sedikit
Dalam penelitian tersebut beberapa orang responden diminta untuk tidur sebanyak 12 jam, dan tak dibolehkan tidur di besok harinya. Percobaan ini menunjukkan tubuh mereka menurun kemampuannya dalam memebakar lemak hingga lima persen.

Porsi makan jadi meningkat
Kurang Tidur Bikin Gemuk -Ketika seseorang kurang tidur, ia akan lebih sering ngemil pada tengah malam serta lebih menyukai makanan dengan karbohidrat tinggi saat bersantap. Lebih parah lagi, otak juga menanggapi makanan yang berlemak jadi makin menggiurkan.

Senantiasa Lapar
Jika kurang tidur, tubuh kita akan melepaskan ghelin dan menurunkan produksi leptin. Ghelin merupakan horomon yang meningkatkan nafsu makan dan memacu produksi lemak. Sedangkan leptin adalah hormon yang diproduksi pada malam hari dengan fungsi mendorong tubuh untuk membatasi konsumsi makanan.

Terlalu banyak waktu untuk makan
Kurang beristirahat ternyata dapat meningkatkan asupan makanan yang berlemak hingga dua persen. Walaupun belum bisa dibuktikan secara klinis, banyak ahli mempercayai bahwa tubuh yang kurang waktu istrahat akan merasa butuh banyak makanan - Kurang Tidur Bikin Gemuk

0 comments:

Post a Comment

Twitter Delicious Facebook Digg Stumbleupon Favorites More

 
Design by Free WordPress Themes | Bloggerized by Lasantha - Premium Blogger Themes | Facebook Themes