Friday, August 17, 2012

Tanaman Herbal Obat Diabetes

"Tanaman Herbal Obat Diabetes"
Tanaman Herbal Obat Diabetes - Diabetes harus segera diobati karena merupakan penyakit berbahaya yang bisa menghadirkan komplikasi pada bagian tubuh lain, misalnya gagal ginjal, kardiovaskular serta kerusakan saraf. Agar kita terhindarkan pengobatan diabetes yang sangat mahal kita bisa memulai hidup sehat dengan merawat tubuh dan mempertahankan tingkat gula darah agar dapat terhindar dari ancaman penyakit diabetes.

Selain dengan menggunakan metode medis umum, pada jaman dahulu sudah terdapat ramuan alami berbentuk obat herbal diabetes yang telah digunakan secara turun temurun. Banyak penelian ilmiah memperkuat bukti bahwa beberapa jenis tumbuhan herbal tertentu efektif dalam mengobati diabetes. Di bawah ini ada beberapa tanaman herbal obat diabetes yang telah lama dipercaya dan terbukti memiliki khasiat mengatasi diabetes.

1. Lidah Buaya
Tanaman herbal yang satu ini seringkali disebut sebagai "ramuab obat penyembuh". Getah kering dan gel dari lidah buaya (daun bagian dalam) telah dipakai secara tradisional sebagai obat diabetes karena dipercaya mampu menurunkan kadar gula/glukosa darah HbA1c dan puasa.

2. Fenugreek
Ini merupakan jenis tanaman herbal biji-bijian yang banyak ditemukan di Asia dan seringkali masyarakat India mempergunakannya sebagai bumbu penyedap masakan. Tanaman ini dipercaya sebagai obat herbal diabetes karena memiliki kemampuan dalam mengontrol kadar gula darah dan sudah sering dipakai untuk pengendalian diabetes.

Fenugreek mampu mengurangi resistensi insulin serta mengontrol kadar gula darah dengan jalan memperbanyak jumlah reseptor insulin yang ada pada sel darah merah. Ini akan membuat pemanfaatan glukosa pada jaringan perifer meningkat drastis sehingga menurunkan kadar gula dalam darah. Namun penggunaan Fenugreek sebagai obat diabetes tidak dianjurkan untuk ibu hamil dan atau menyusui.

3. Bawang
Bawang juga merupakan obat herbal diabetes karena mampu menurunkan kadar gula darah. Ekstrak bawang dapat menurunkan kadar glukosa darah saat toleransi intravena dan glukosa oral. Tanaman yang biasa digunakan dalam bumbu masak ini juga ikut meningkatkan pelepasan insulin dan mempengaruhi metabolisme hepatik glukosa, sehingga mampu menghalangi kerusakan insulin.

4. Kayu Manis
Tanaman Herbal Obat Diabetes - Tanaman ini menjadikan sel-sel lemak kita makin mudah dicapai oleh insulin sehingga meningkatkan konversi glukosa menuju bentuk energi. Selain berperan sebagai obat herbal diabetes, kayu manis juga mencegah laju pembentukan radikal bebas yang membahayakan.

5. Daun Kemangi
Beberapa penelitian mengungkapkan bahwa daun kemangi mempunyai efek yang baik terhadap glukosa setelah makan serta saat puasa. Ramuannya mampu memfasilitasi proses sekresi hormon insulin sehingga menjadikannya sebagai obat herbal diabetes.

6. Bawang Putih
Tanaman ini lebih dikenal sebagai campuran dalam bumbu masak dibandingkan dengan kemampuannya sebagai obat herbal diabetes. Ia mampu menurunkan gula darah dan memperbaiki sel-sel pankreas serta merangsang pankreas untuk menghasilkan lebih banyak insulin. Hal ini sudah dibuktikan lewat berbagai penelitian ilmiah, tetapi sayangnya belum masif dimanfaatkan.

7. Ginseng
Ini dikenal luas di cina sebagai obat herbal dia betes yang telah digunakan turun temurun. Tanaman ini memiliki efek langsung pada penurunan gula darah dengan meningkatkan pelepasan insulin yang berasal dari pankreas serta memperbanyak reseptor insulin.

8. Daung Mangga
Daun mangga telah lama dikenal sebagai obat herbal diabetes yang sangat efektif. Cara penggunaanya adalah dengan melakukan perendaman daun mangga selama satu malam di dalam secangkir air. Kemudian keluarkan daun mangga dan minum air rendaman tersebut. Hal ini sangat membantu untuk meringankan gejala diabetes - Tanaman Herbal Obat Diabetes.

0 comments:

Post a Comment

Twitter Delicious Facebook Digg Stumbleupon Favorites More

 
Design by Free WordPress Themes | Bloggerized by Lasantha - Premium Blogger Themes | Facebook Themes