Monday, August 20, 2012

Tekanan Darah Menurun, Makanlah Cokelat


"Tekanan Darah Menurun, Makanlah Cokelat"
Tekanan Darah Menurun, Makanlah Cokelat - Tekanan darah yang menurun merupakan salah saatu khasiat cokelat hitam yang sejak lama dikenal memiliki banyak manfaat. Hasil pengujian terhadap sejumlah studi menunjukkan bahwa mengkonsumsi cokelat hitam di tiap harinya dapat menurunkan tekanan darah.

Hasil penelitian yang dilakukan oleh The Cochrane Group menunjukkan bahwa zat aktif yang terkandung pada cokelat berguna untuk menjadikan pembuluh dara menjadi lebih rileks.  Oleh karenanya, tekanan darah juga ikut turun.

Zat aktif yang memiliki efek positif ini tak lain adalah flavonol, di mana di dalam tubuh bekerja menghasilkan zat oksida nitrat. Zat oksida ini menjadikan pembuluh darah menjadi lemas sehingga sirkulasi darah menjadi lebih lancar dan tekanan darah menurun.

Analasis tentang tekanan darah ini mengkombinasikan sejumlah penelitan sebelumnya agar bisa mengenali ada tidaknya efek cokelat terhadap tekanan darah. Partisipan pada penelitian ini mengkonsumsi cukup banyak cokelat, yaitu 3 hingga 105 gram tiap harinya.

Akan tetapi hasil penelitian ini menunjukkan penurunan tekanan darah tidak terlalu besar, cuma 2 hingga 3 mmHg. Tekanan Darah Menurun, Makanlah Cokelat - Hal ini dikarenakan penelitian tekanan darah tersebut hanya berlangsung selama dua minggu, yang mengakibatkan tidak diketahuinya efek dalam janga waktu yang panjang.

Karin Ried, dari National Institute of Integrative Medicine di Melbourne, Australia, mengungkapkan bahwa walaupun belum memperoleh bukti efek jangka panjang untuk menurunkan tekanan darah, tapi bukti bahwa ada penurunan tekanan darah dalam jangka pendek memungkinkan penurunan tekanan darah yang lebih besar jika dalam waktu yang lama.

Tekanan darah tinggi sendiri seringkali dituduh sebagai penyebab paling signifikan terhadap serangan stroke dan penyakit jantung

Jika anda ingin mencoba manfaat cokelat hitam terhadap tekanan darah, disarankan untuk membeli produk cokelat dengan kandungan cokelat yang tinggi. Karena di pasaran produk cokelat yang ada lebih banyak mengandung lemak dan gula dibandingkan cokelatnya itu sendiri.

Ada beberapa bahan makanan lain selain cokelat yang juga berkhasiat menurunkan tekanan darah. Tekanan Darah Menurun, Makanlah Cokelat - Misalnya apel, blackberries, kacang dan aprikot dengan kandungan flavonol yang lebih rendah dari cokelat namun tetap dapat menurunkan tekanan darah. 

0 comments:

Post a Comment

Twitter Delicious Facebook Digg Stumbleupon Favorites More

 
Design by Free WordPress Themes | Bloggerized by Lasantha - Premium Blogger Themes | Facebook Themes