Monday, August 6, 2012

Cara Meningkatkan Kecerdasan Bayi

"Cara Meningnikatkan Kecerdasan Bayi "
Cara Meningkatkan Kecerdasan Bayi
Mulai dari awai. 
Rangsang perkembangan otak bayi sejak di dalam kandungan. Mulailah membacakan cerita untuk janin Anda. Hindari zat seperti alkohol, obat-obatan, rokok, timbal, dan merkuri yang berbahaya bagi perkembangan otak bayi. Penuhi gizi yang cukup untuk perkembangan otak bayi seperti asam folat dan minyak ikan.

Beri ASI. 
ASI mengandung nutrisi-nutrisi penting bagi pertum-buhan bayi. Salah satunya DHA, asam lemak esensial yang penting bagi perkembangan otak. Banyak perusahaan makan¬an yang meniru bahan ini di laboratorium dan menambah¬kannya ke makanan bayi. Namun, DHA alami dari ASI tetap yang terbaik.

Bacakan cerita. 
Pada awainya, bayi mungkin tidak akan mengerti apa yang dibacakan. Namun, jika dibacakan secara terus-menerus, cerita anak akan membantu mereka untuk mendengar, mengenali kata- kata dan artinya. Proses ini pen-ting dalam membantu pembicaraan mereka dan membangun kosa kata.

Belikan mainan cerdas. 
Mainan berperan penting dalam per-kembangan otak bayi. Pilihlah mainan sesuai tahap perkem¬bangan biologis bayi. Bisa juga dengan permainan sederhana. Gunakan imajinasi untuk membantu membangun koordinasi mata-tangan bayi.

Lakukan permainan isyarat dengan bayi. 
Sejak bayi berumur empat tahun, ajari bahasa isyarat. Penelitian menunjukkan, bahasa isyarat merangsang perkembangan bahasa lisan serta IQanak.

Lakukan banyak kontak fisik. Sentuhan sangat penting untuk pertumbuhan saraf dan otak bayi. Belai kepala bayi, tungkai, dan tubuh mereka. Ini juga membantu memperkuat ikatan batin dengan bayi.

0 comments:

Post a Comment

Twitter Delicious Facebook Digg Stumbleupon Favorites More

 
Design by Free WordPress Themes | Bloggerized by Lasantha - Premium Blogger Themes | Facebook Themes