Tuesday, August 28, 2012

Penyakit Misterius Mirip AIDS Ditemukan


"Penyakit Misterius Mirip AIDS Ditemukan"
Penyakit AIDS merupakan penyakit menular yang sangat mematikan dan belum memiliki penawar paten yang dapat menyelematkan penderitanya dari kehilangan sistem pertahanan tubuh. Beberapa waktu yang lalu para peneliti mengidentifikasi sebuah penyakit misterius yang punya gejala serupa dengan penyakit AIDS walaupun pasien penderitanya sama sekali tidak terinfeksi HIV. Penyakit tersebut diidentifikasi pada beberapa orang di Amerika Serikat dan Asia.

Gejala penyakit ini antara lain berupa rusaknya sistem kekebalan tubuh yang mengakibatkan tubuh tak mampu melawan virus serta bakteri seperti yang terjadi pada orang yang masih sehat. Belum diketahui penyebab utama penyakit ini, namun kabar baiknya penyakit ini tidak menular seperti penyakit AIDS. 

Dr Sarah Browne, seorang ilmuwan dari National Institute of Allergy and Infectious Disease mengungkapkan bahwa penyakit yang masih misterius ini merupakan jenis lain dari gangguan terhadap kekebalan tubuh yang tidak diturunkan, namun tak menyebar lewat bantuan virus sepertihalnya penyakit AIDS.

Penyakit ini mulai diteliti oleh Browne sejak tahun 2004 dan ia menemukan banyak kasus di Thailand dan Taiwan yang menjadi lokasi penelitiannya. 

Dr Dennis Maki, spesialis penyakit infeksi dari Univesitas Wisconsin di Madison, AS menyatakan ketertarikannya karena dalam kurun waktu 10 tahun belakangan ia sudah menemukan tiga pasien. Ia mengungkapkan ada sebuah kemungkinan bahwa infeksi tertentu yang memicu penyakit mirip AIDS ini meskipun tidak menular di antara manusia.

Penyakit ini umumnya menyerang orang dewasa dengan umur sekitar 50 tahun, namun tak diturunkan dalam garis keluarga. Browne mengungkapkan bahwa sebagian pasien meninggal dunia karena infeksi yang luar biasa.

Kim Nguyen 62 tahun adalah seorang pasien asli Vietnam yang kini menjadi warga negara Amerika Serikat, didiagnosa mengidap penyakit misterius ini. Penyakit Misterius Mirip AIDS Ditemukan - Ia mengeluhkan demam yang tak kunjung sembuh. Sejak 2009, ia mengalami berbagai gejala aneh. Di tahun 1995 dan 2009, ia sempat mengunjungi vietnam.

Pada mulanya ia didiagnosa mengidap penyakit tuberkulosis. Namun akhirnya ia diidentifikasi menderita gejala gangguan sistem kekebalan tubuh serta harus dirawat di rumah sakit selama kurang lebih satu tahun.

Penyakit AIDS merupakan penyakit yang spesifik dan mengakibatkan sistem kekebalan tubuh seseorang yang terinfeksi virus HIV menjadi terganggu. Virus HIV merusak sel T, yang merupakan "tentara" utama dalam sistem kekebalan tubuh manuasia dalam rangka melawan patogen.

Sedangkan penyakit misterius tersebut tidak menggangu sel seperti halnya penyakit AIDS, namun menyebabkan kerusakan lainnya. Hasil penelitian yang dilakukan oleh Browne kepada 200 orang di Thailand dan Vietnam, menunjukkan bahwa sebagian besar penderita penyakit misterius ini pada tubuh mereka membuat autoantibodi yang mampu melawan interferon gamma, sebuah sinyal kimia yang berfungsi menghilangkan infeksi dari tubuh.

Adanya gangguan pada sinyal kimia ini menjadikan seseorang seperti sedang mengidap penyakit AIDS di mana sangat rentan terinfeksi jamur, parasit serta virus lain yang serupa tuberkulosis dan mengakibatkan kerusakan pada paru-paru.

Ilmuwan yang meneliti penyakit misterius ini menyebutnya sebagai gangguan kekebalan tubuh pada orang dewasa karena umumnya muncul pada usia lanjut.

Pengobatan dengan menggunakan anti biotik tidak selalu manjur untuk jenis penyakit ini. Oleh karenanya dokter mencoba melakukan penyembuhan dengan berbagai variasi pengobatan, termasuk di dalamnya pemakaian obat kanker guna menurunkan produksi antobodi.

Penyakit Misterius Mirip AIDS Ditemukan - Karena penyakit misterius ini sebagian besar diderita oleh orang Asia atau keturuna Asia, para ilmuwan mengungkapkan kemungkinan faktor genetik memiliki peran dalam memicu timbulnya penyakit yang menyerupai penyakit AIDS. 

0 comments:

Post a Comment

Twitter Delicious Facebook Digg Stumbleupon Favorites More

 
Design by Free WordPress Themes | Bloggerized by Lasantha - Premium Blogger Themes | Facebook Themes