Wednesday, August 29, 2012

Sakit Hati dan Cara Mengatasinya

"Sakit Hati dan Cara Mengatasinya"

Sakit Hati dan Cara Mengatasinya - Rasa-rasanya hampir tiap orang pernah tertimpa yang namnya sakit hati yang disebabkan oleh berbagai macam alsan. Contohnya saat teman Anda menggunjingkan tentang keburukan Anda di belakang anda, atau kekasih anda selingkuh, atau bahkan  ketika menerima kritik dari seseorang dan membuat Anda sakit hati.

Bermacam-maca respons dan reaksi  guna menghilangkan rasa sakit hati ini juga berbeda-beda. Ada yang secara positif menyikapinya, tetapi banyak juga yang memilih membiarkan rasa sakit hati tersebut tetap tumbuh dan disimpan dalam hati serta akhirnya menjadi dendam. Sebetulnya Anda tidak usah memendam rasa sakit hati anda hingga lama karena hal ini justru membawa kerugian bagi diri Anda. Bukankah hidup jauh lebih menyenangkan dan nyaman tanpa ada rasa sakit hati terhadap seseorang?

Agapi Stassinopoulos, seorang penulis buku Conversations with the Goddesese and Gods and Goddessess in Love mengungkapkan bahwa hal ini mungkin saja terjadi, tetapi saya tetap percaya bahwa rasa sakit hati juga akan menjadikan kita untuk kembali sadar diri serta segera memperbaiki diri.

Sebenarnya tiap orang dapat mengambil sisi positif dari pemicu rasa sakit hati ini. Dengan mengalami sakit hati secara tidak langsung juga Anda akan bertanya pada diri sendiri tentang kekurangan dan kesalahan yang anda lakukan, dan nantinya akan memperbaiki diri Anda. Memang untuk menerimanya secara positif butuh jiwa besar agar hati tetap lapang dan mampu menerima segala rasa sakit hati Anda.

Agapi mengambahkan bahwa setiap orang memiliki cara dalam membebaskan kekuatan hati agar rasa sakit hati tersebut menghilang. Rasa sakit hati juga bisa  berfungsi sebagai jembatan di mana anda dapat melalui semua masalah yang ada menuju pada sisi di sebelahnya demi kebebasan hati dan keinginan untuk memaafkan.

Di bawah ini merupakan cara yang bisa membantu Anda dalam berlapang dada menerima rasa sakit hati agar Anda lebih gampang mengatasinya:

1. Tidak ada yang salah dengan merasa sakit hati. 
Anda tidak salah atau berdosa hanya karena merasakan sakit hati, karena hampir semua orang pernah merasakannya. Sakit hati adalah hanya bagian kecil di dalam kehidupan anda. Begitu banyak alasan kenapa Anda bisa mengalami perasaan tersebut. Sakit Hati dan Cara Mengatasinya -  Langkah yang pertama yang anda lakukan adalah menerima kehadiran hal tersebut dan tak menyalahkan orang lain. Orang lain tak bertanggung jawab bagi perasaan Anda, tetapi Andalah yang punya tanggung jawab guna menjaga perasaan Anda sendiri.

Agapi berkomentar bahwa dengan berkata 'mereka telah menyakiti perasaan saya' ini hanya kalimat pembenaran untuk diri kita sendiri. Hal ini tentu saja salah, bahkan Anda yang menjadikan perasaan Anda terluka dengan kata-kata ini.

2. Ekspresikan rasa sakit hati. 
Ketika anda merasa sakit hati, sebaiknya jangan dipendam bahkan harus diungkapkan dan ekspresikan, tetapi dengan cara-cara yang positif. Jangan melukai diri sendiri hanya karena rasa sakit hati karena dapat menjadikan Anda merasakan sakit berkepanjangan. Memendam rasa sakit tersebut dalam jangka waktu yang lama dapat menyebabkan adanya masalah pada diri kita sendiri juga dalam hubungan kita bersama orang lain. Ekspresi yang lebih positif terhadap rasa sakit ini bisa bermacam-macam contohnya dengan berteriak, menangis, atau curhat kepada sahabat atau teman dekat Anda. Tapi sekali lagi ini butuh sedikit waktu untuk bisa sembuh.

3. Ambil sisi positif. 
Ambil sisi positif saat Anda mengalami sakit hati, tidak ada gunanya menyalahkan orang lain. Dengan berpandangan bahwa ini terjadi karena orang lain justru hanya membuat Anda merasakan sakit yang lebih lama dan dalam. Menerima perasaan ini dengan realistis membuat anda mudah untuk menemukan akar persoalan serta penyebab hal ini terjadi, dan bahkan kita dapat belajar supaya memperbaiki diri.

4. Jangan simpan dendam. 
Sakit hati yang dipendam dalam jangka waktu lama dapat berubah menjadi dendam. Kunci untuk mengatasi hal ini adalah dengan berpandangan bahwa rasa sakit hati Anda tidaklah lebih kuat dari Anda sendiri. Jangan biarkan rasa sakit hati tersebut menjadikan hidup Anda justru terganggu. Sakit Hati dan Cara Mengatasinya - Hadapi masalah ini, belajarlah dari kesalahan, dan move on dari rasa sakit hati. 

0 comments:

Post a Comment

Twitter Delicious Facebook Digg Stumbleupon Favorites More

 
Design by Free WordPress Themes | Bloggerized by Lasantha - Premium Blogger Themes | Facebook Themes