Friday, August 31, 2012

Cara Alami Mengatasi Stress


"Cara Alami Mengatasi Stress"
"Cara Alami Mengatasi Stress"
Cara Alami Mengatasi Stress - Tiap orang yang memiliki aktivitas yang padat atau pekerjaan yang berat pasti pernah terkena stress. Ini wajar saja, tetapi kita tetap mewaspadai stress yang  datang supaya tidak menjadikan kita depresi, obesitas, sakit dan bahkan seperti yang diulas oleh womenshealth.gov, bisa memperparah penyakit maag seseorang.

Ada beberapa cara yang dapat ditempuh agar bisa mengatasi stress. Dengan cara ini anda tidak perlu menggunakan obat-obatan atau menempuh jalan terapi. Lakukan langkah mudah berikut :

1. Membaca
Ketika stress, mungkin saja mayoritas dari anda akan menghindari membaca buku karena menganggap dapat menambah beban. Padahal hasil penelitan yang dilakukan oleh The Telegraph dan Galaxy Chocolate dengan membaca selama enam menit buku bacaan favorit anda, justru dapat menurunkan stress yang anda alami. Hal ini karena membaca bisa menolong mengurangi dan menormalkan detak jantung, juga menjadikan otot lebih rileks. Meminum segelas kopi atau teh, jalan-jalan dan mendengarkan musik juga mampun mengurangi tingkat stress yang dialami seseorang.

2. Menertawakan Berbagai hal
Jika sedang mengalami stress jangan melulu menganggap menangis dapat menjadi solusi agar ketegangan mereda. Anda dapat mencoba mengatasi stress dengan tertawa. Sebuah Studi yang  juga dipublikasikan di American Journal of Medical Sciences di tahun 1989 menjelaskan bahwa dengan tertawa tekanan darah yang tinggi dapat diturunkan dengan menekan hormon kortisol atau hormon stress. Juga seperti yang dilaporkan oleh The Mayo Clinic bahwa tertawa dapat memperbesar pelepasan hormon endorfin pada otak, yang menjadikan otak lebih rileks. Itulah kunci dalam cara mengatasi stress.

3. Bergosip
Gosip terkadang berpengaruh tidak baik dalam kehidupan bersosialisasi, namun hal ini memberi dampak yang baik dalam cara mengatasi stress. Cara Alami Mengatasi Stress - Ilmuwan dari University of California, Berkeley, menunjukkan bahwa degan bergosip terbukti dapat menurunkan tingkat stress seseorang.

Seorang psikolog Dr Colin Gill, mengungkapkan bahwa dengan bergosip, kadar hormon positif seperti serotonin menjadi meningkat jumlahnnya sehingga mampu mengurangi stress dan rasa gelisah. Saat bergosip ada minat yang kita tunjukan pada apa yang sedang dibicarakan oleh orang lain, begitu pula sebaliknya. Ikatan komunikasi ini akan menjadikan kita merasa bahagia dan membuat tubuh melepaskan senyawa kimia yang memberi rasa senang.

4. Menghubungi Orang terdekat
Sebenarnya dengan menghubungi orang tua, umumnya ibunda kita, hal ini dapat membuat perasaan kita lebih tengang dan nyaman. Ketika hidup berpisah dengan orang tua, dan suatu saat anda mengalami stress, cobalah menelpon ibu. Walaupun tidak bertemu secara fisik, tetapi dengan mendengar suaranya  dapat mengurangi tingkat stress anda.

Majalah Scientific American pernah mempublikasikan sebuah tulisan yang di dalamnya mengungkapkan bahwa seorang remaja putri yang stress menghadapi tugas sekolah yang menumpuk kemudian menurun tingkat stressnya sehabis menelpon ibunya. Hal ini juga sama halnya dengan remaja putri yang segera memeluk ibunya ketika menghadapi masalah yang menjadikan dia stress.

5. Makan Cokelat
Ini adalah salah satu cara mengatasi stress yang paling diminati. Sebuah studi mengungkapkan bahwa dengan memakan 1,4 ons cokelat murni dalam jangka waktu dua munggu sekali dapat menolong menurunkan tingkat hormon kortisol - Cara Alami Mengatasi Stress

0 comments:

Post a Comment

Twitter Delicious Facebook Digg Stumbleupon Favorites More

 
Design by Free WordPress Themes | Bloggerized by Lasantha - Premium Blogger Themes | Facebook Themes