Saturday, August 25, 2012

Obat Jerawat Bisa Menganggu Penglihatan


"Obat Jerawat Bisa Menganggu Penglihatan" 
Obat Jerawat Bisa Menganggu Penglihatan  - Obat jerawat yang biasa dituliskan dalam resep untuk mengobati jerawat yang kronis, dapat meningkatkan resiko gangguan mata hingga dua kali lipat pada pemakainya. Pengguna obat jerawat akan mengalami mata memerah, gatal dan kekeringan.

Penelitan yang dilakukan oleh sejumlah ilmuwan Israel menunjukkan bahwa obat jerawat dengan isotretinion mempunyai efek samping yang serius, misalnya menyebabkan keterlambatan pertumbuhan tulang pada usia remaja serta membuat keguguran, bayi lahir cacat apabila digunakan oleh ibu hamil.

Masalah-masalah pada mata banyak ditemukan pada mereka yang berjerawat. Tetapi pada studi dengan melibatkan 15 ribu remaja Israel, sebanyak 14 persen dari mereka yang memakai obat jerawat dengan kandungan isotretinoin dan mereka harus menjalani perawatan dalam kurun waktu satu tahun pasca menggunakan obat jerawat tersebut.

Jumlah tersebut jauh lebih tinggi bila dibandingkan dengan  7 persen dari mereka yang mengkonsumsi obat yang dijual bebas serta 9,6 persen dengan obat jerawat yang tak mengandung isotretinoin.

Dr Rick Fraunfelder, profesor di Oregon Health dan Science University mengungkapkan bahwa ia menyarankan para orang tua untuk berkonsultasi dengan dokter mata sebelum memilih obat jerawt serta melakukan pengobatan pada jerawat serta tiap tiga bulan dalam satu tahun pertama secara kontinyu melakukan pemeriksaan jika ingin memberi efek permanen.  

Para ilmuwan di Tel Aviv Medical Center melakukan pengumpulan informasi tentang para pengguna dan non-pengguna obat jerawat dengan menelusuri catatan atau rekaman perawatan. Hal ini dilakukan guna mengetahui jenis gangguan pada pasien yang menggunakan jenis bahan kimia ini.

Gabriel Chodick, Ilmuwan dari Tel Aviv University yang juga merupakan salah satu penulis studi, mengungkapkan bahwa tiap tahunnya ada sekitar satu persen remaja yang menjakankan pengobatan dengan kandungan isotretinoin pada obat jerawat dalam rangka mengobati jerawat.

Jika dilakukan pengelompokan, remaja berusia rata-rata 16 tahun, dengan jumlah mendekati 2.000 orang sedang mengalami kondisi inflamasi mata, di mana 991 orang mengaku menggunakan isotretinoin, dan 446 orang memiliki masalah jerawat tetapi tidak melakukan pengobatan dan yang terakhir 354 orang yang menggunakan obat jerawat yang ada dan sedang dijual bebas di pasaran.

Obat Jerawat Bisa Menganggu Penglihatan - Umumnya keluhan yang sering dijumpai yaitu mata memerah atau konjungtivitis yang tak lain adalah peradangan serta infeksi pada bola mata. sebanyak 4 dari 100 orang yang menggunakan obat jerawat dengan isotretinoin, didiagnosa mengalami konjungtivitis, sedangkan dua dari 100 orang yang berjerawat namun tidak mengkonsumsi obat jerawat juga dirawat karena konjungtivitis.

Studi yang dipublikasikan pada Archives of Dermatology mengungkapkan bahwa salah satu penyebab yang paling memungkinkan kerena meningkatkan risiko gangguan pada mata adalah zat isotretinoin yang ada pada obat jerawat yang bisa mengganggu kinerja kelenjar meibom  yang terdapat pada kelopak mata.

Kelenjar tersebut bekerja menghasilkan zat minyak yang berfungsi mencegah kekeringan pada mata  dan bila kelenjar ini tidak berfungsi dengan baik, maka menyebabkan mata mengalami iritasi atau peradangan.

Chodick seperti dikutip dari Reuters Health menyatakan bahwa kehadiran isotretinoin dan metabolitnya yang ada pada obat jerawat, ke dalam air mata dapat menyebabkan iritasi langsung pada permukaan mata. 

Walaupun begitu, penggunaan obat jerawat dengan isotretinoin pada sejumlah pasien  masih dimungkinkan. Obat Jerawat Bisa Menganggu Penglihatan - Tetapi sebaiknya resep obat jerawat tersebut menyertakan obat tetes mata agar dapa mencegah kekeringan pada mata kerena penggunaan obat jerawat. 

0 comments:

Post a Comment

Twitter Delicious Facebook Digg Stumbleupon Favorites More

 
Design by Free WordPress Themes | Bloggerized by Lasantha - Premium Blogger Themes | Facebook Themes